Bola Internasional

Miris Soal Ranking FIFA, 2 Negara Asia ini Malah Lebih Baik dari Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Rabu, 20 November 2019 11:22 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Yohanes Ishak
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sejumlah negara yang memiliki ranking FIFA miris, diketahui mampu berprestasi lebih apik ketimbang Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Sejumlah negara yang memiliki ranking FIFA miris, diketahui mampu berprestasi lebih apik ketimbang Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

INDOSPORT. COM - Sejumlah negara yang memiliki ranking FIFA miris, diketahui mampu berprestasi lebih apik ketimbang Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Kiprah Timnas Indonesia belakangan memang sungguh mengecewakan. Lima kali berlaga dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 babak kedua zona Asia Grup G, Skuat Garuda sama sekali tak pernah meraih kemenangan.

Kesemua pertandingan yang dijalani Timnas Indonesia selalu berakhir dengan kekalahan. Padahal Timnas Indonesia sudah berada satu grup dengan lawan-lawan yang sering bertemu sebelumnya di sepak bola Asia Tenggara, seperti Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Kisah miris Timnas Indonesia ternyata belum berhenti sampai di situ saja. Buktinya, ada sejumlah negara pesakitan yang memiliki ranking FIFA miris, tapi kiprahnya malah lebih apik ketimbang Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2022.

Siapa sajakah negara-negara yang masuk ke dalam daftar tersebut? INDOSPORT coba merangkumnya ke dalam ulasan berikut.

Mongolia

Mongolia memang bukan negara besar yang ada di pentas sepak bola. Buktinya saja, Mongolia hanya menempati urutan 186 pada ranking FIFA.

Posisi Monglia tergolong lebih miris ketimbang Timnas Indonesia. Skuat Garuda unggul 15 peringkat dengan menempati posisi 171.

Walau demikian, bukan berarti Mongolia inferior terhadap Timnas Indonesia. Terutama bila berkaca pada tabel klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia babak kedua Grup F, Mongolia punya prestasi lebih menawan ketimbang Timnas Indonesia.

Mongolia kini menjadi juru kunci tertinggal dari empat negara pesaingnya, Myanmar, Tajikistan, Kyrgyzstan, dan Jepang. Namun, Monglia tercecer di dasar klasemen sudah dengan satu kemenangan dan raihan tiga poin.

Satu-satunya raihan manis Mongolia tercipta pada 5 September 2019 lalu. Kala itu Mongolia berhasil menang tipis 1-0 atas tamunya, Myanmar.

Sedangkan Timnas Indonesia yang bertarung di Grup G, nasibnya selalu kalah dalam lima laga beruntun. Akibatnya, pasukan Merah Putih menempati dasar klasemen tanpa disertai satu poin pun.

Bangladesh

Grup E Kualifikasi Piala Dunia 2022 babak kedua zona Asia, diisi oleh lima tim, yakni Qatar, Oman, Afghanistan, India, dan Banglades. Persaingan Grup E lantas menempatkan Bangladesh sebagai juru kunci klasemen.

Nasib yang didapat Bangladesh sejatinya sama persis dengan Timnas Indonesia di Grup G. Skuat Garuda juga menjadi tim juru kunci akibat kalah bersaing dengan Vietnam, Malaysia, Thailand, dan Uni Emirat Arab.

Bedanya, Bangladesh berada di dasar klasemen dengan raihan satu poin, hasil sekali imbang dan tiga kali kalah. Sedangkan Timnas Indonesia yang sudah memainkan lima laga, selalu menderita kekalahan dan poinnya masih 0.

Padahal kalau dilihat dari ranking FIFA, peringkat Bangladesh lebih miris ketimbang Timnas Indonesia. Bangladesh ada di peringkat 184, sementara Timnas Indonesia menduduki posisi 171. Agar bisa mendongkrak posisi mereka, jelas Timnas Indonesia harus bisa meraih poin pada Kualifikasi Piala Dunia 2022.