Bola Internasional

Suporter Timnas Indonesia Diserang Flare, Menpora Malaysia Syed Saddiq Ingkar Janji

Rabu, 20 November 2019 12:03 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT. COM - Kejadian suporter Timnas Indonesia yang diserang flare, seakan membuktikan Menpora Malaysia, Syed Saddiq, ingkar janji.

Laga panas baru saja digelar di Bukit Jalil Stadium, Selasa (19/11/19) kemarin. Kubu tuan rumah, Malaysia, menjamu Timnas Indonesia dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022.

Pertandingan sejatinya berjalan manis untuk Malaysia. Bermain di publik sendiri, Harimau Malaya mampu mengatasi perlawanan Skuat Garuda dengan skor 2-0.

Namun, sebuah insiden tak terpuji dari tribun stadion justru mengotori kemenangan Malaysia. Oknum pendukung Malaysia dikabarkan melempar flare ke arah kerumunan suporter Timnas Indonesia.

Kejadian ricuh antara suporter Malaysia dan Timnas Indonesia sejatinya sudah kerap terjadi. Pada pertemuan pertama 5 September 2019 lalu, kericuhan serupa terjadi di tribune Stadion Gelora Bung Karno.

Menpora Malaysia, Syed Saddiq, berusaha memerangi aksi ricuh seperti di GBK agar tak terulang kembali. Syed Saddiq bahkan sampai menemui Menpora Indonesia (kala itu masih Imam Nahrawi) beserta PSSI untuk melakukan perbincangan serius.

Pasca bertemu Menpora Indonesia, ucapan Syed Saddiq mengarah ke sebuah janji. Syed Saddiq bertekad kuat bahwa tak akan terjadi lagi keributan antar suporter saat nanti Timnas Indonesia giliran bertandang ke Malaysia.

"Saya juga pastikan pada November saat Indonesia away, kami ingin PSSI dan FAM bersama-sama, semuanya menolak budaya kekerasan. Kita pastikan sepak bola harus menyatukan kita semua. Saya harap apa yang terjadi semalam tidak terulang karena hanya ada sedikit orang yang melakukan itu," ujar Syed Saddiq.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Syed Saddiq (@syedsaddiq) on

Janji Syed Saddiq sungguh manis untuk memberikan kemajuan bagi sepak bola. Hingga hari pertandingan Malaysia vs Timnas Indonesia di Bukit Jalil Stadium tiba, Syed Saddiq masih berpegang teguh pada janjinya.

Terlihat di unggahan akun Instagram pribadinya, Syed Saddiq tampak berbincang akrab dengan sejumlah suporter Timnas Indonesia di area Bukit Jalil Stadium. Syed Saddiq memberikan pula pin perdamaian kepada suporter Timnas Indonesia yang ditemuinya.

Laga kemudian berjalan dan segala yang dilakukan Syed Saddiq tadi tiba-tiba sirna akibat ulah nakal oknum pendukung Malaysia. Lemparan flare dari pendukung Malaysia terlihat menyerang suporter Timnas Indonesia.

Aroma permusuhan yang sempat berusaha diredakan kembali mencuat. Janji rasa aman Syed Saddiq untuk suporter Timnas Indonesia yang bertandang ke Bukit Jalil Stadium menjadi ingkar, karena serangan flare tetap terjadi. Semoga perdamaian bisa segera terwujud.

2