Bola Internasional

Kronologi Pengeroyokan Suporter Malaysia Terhadap Fans Timnas Indonesia, Taksi Online Terlibat?

Kamis, 21 November 2019 21:15 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Jagat dunia maya sedang dibebohkan dengan video pengeroyokan selepas laga Malaysia versus timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Laga panas antara Malaysia vs timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 berlangsung di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Selasa (19/11/19).

Laga Malaysia vs Timnas Indonesia memang sudah memanas di awal pertandingan hingga ada insiden pelemparan flare dari kedua kubu suporter.

Namun, ada insiden memalukan yang terjadi di luar Stadion Bukit Jalil. Suporter sepak bola Indonesia dikeroyok oleh pendukung Malaysia.

Kabar tersebut diperoleh setelah ada beberapa akun bola dan sejumlah artis Indonesia mengunggah sebuah video pengeroyokan di akun Instagram masing-masing.

Video itu ikut diunggah di Instagram oleh salah seorang penyanyi dan gitaris, Domy Stupa. Dia menjelaskan bagaimana kronologi terjadinya pengeroyokan suporter Malaysia terhadap pendukung Indonesia.

"Video ini benar, dua suporter Indonesia dibantai oleh rombongan Casual Malaysia (rombongan yang sama melemparkan flare ke arah tribun suporter Indonesia)," katanya.

"Dua Suporter Indonesia ini sengaja dikirim oleh taksi online yang ditumpanginya kepada kelompok Casual Malaysia yang sudah menunggu," tulis Domy Stupa.

Berselang beberapa jam kemudian, video terebut kemudian dihapus oleh pihak Instagram karena dianggap membagikan konten kekerasan.

Tak hanya Domy Stupa, sejumlah artis lain seperti presenter olahraga, Darius Sinathrya, juga geram setelah melihat tayangan video tersebut.

Ia berkomentar di media sosial supaya pemerintah Malaysia segera meminta maaf kepada suporter Indonesia dan bersedia membayar ganti rugi kepada para korban.

"Ndan!! Kita dorong pemerintah protes secara resmi!! Jerat para pelaku dengan hukum!! Pemerintah Malaysia sampaikan permintaan maaf pada suporter dan Masyarakat Indonesia!! Ganti rugi untuk para korban!!," tulis Darius Sinathrya.

Netizen Indonesia kemudian berbondong-bondong menyerang akun Instagram Menpora Malaysia, Syed Saddiq, supaya mau mengusut tuntas kasus tersebut.

Pertandingan Malaysia vs timnas Indonesia dalam lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 berhasil dimenangi oleh tuan rumah dengan skor meyakinkan 2-0, Selasa (19/11/19).