Liga Inggris

Membedah Gaji Jose Mourinho di Tottenham Hotspur, Tertinggi Kedua di Dunia

Kamis, 21 November 2019 08:19 WIB
Editor: Juni Adi
© tottenhamhotspur.com
Jose Mourinho saat diperkenalkan sebagai pelatih Tottenham Hotspur pada Rabu (20/11/19) pagi tadi. Copyright: © tottenhamhotspur.com
Jose Mourinho saat diperkenalkan sebagai pelatih Tottenham Hotspur pada Rabu (20/11/19) pagi tadi.

INDOSPORT.COM - Pelatih anyar Tottenham Hotspur, Jose Mourinho mendapatkan gaji dua kali lipat lebih besar dari Jurgen Klopp di Liverpool dan beberapa pelatih top Eropa lainnya.

Tottenham Hotspur baru saja resmi menunjuk Jose Mourinho sebagai pelatih anyar mereka, menggantikan Mauricio Pochettino yang sudah dipecat pada Rabu (20/11/19) kemarin.

"Pihak klub mengumumkan Mauricio Pochettino dan tim pelatih Jesus Perez, Miguel D'Agostino, dan Antoni Jimenez telah dibebaskan dari tugasnya," tulis pernyataan Tottenham Hotspur di laman resminya.

"Disesalkan hasil di kompetisi domestik pada akhir musim lalu dan awal musim ini sangat mengecewakan."

Rentetan performa buruk yang dialami The Lilywhites musim ini, jadi penyebab utama pria Argentina itu didepak. Tottenham saat ini hanya mampu meraih tiga kemenangan, 5 kali imbang dan sudah 4 kali merasakan pahitnya kekalahan.

Alhasil, Spurs terpaku di papan bawah menempati urutan ke-14 dalam klasemen sementara Liga Inggris hingga pekan ke-12 dengan raihan 14 poin.

Jose Mourinho sendiri bukan menjadi caretaker. Tapi eks juru taktik Manchester United itu ditunjuk untuk menjadi pelatih utama dengan durasi kontrak yang cukup panjang, yakni hingga musim panas 2023.

"Kami ingin mengumumkan penunjukkan Jose Mourinho sebagai pelatih kepala hingga musim 2022-2023," demikian rilis yang disampaikan Spurs.

"Dengan Jose kami memiliki salah satu manajer paling sukses di sepakbola. Dia memiliki banyak pengalaman, dapat menginspirasi tim dan merupakan ahli taktik yang hebat."

Gaji Jose Mourinho di Tottenham Hotspur

Dengan kembalinya Mourinho melatih tim sepak bola, itu artinya ia mengakhiri statusnya sebagai pengangguran sejak dipecat dari Manchester United pada Desemebr 2018 lalu.

Lantas, berapa gaji yang ia terima di klub asal London Utara itu? dilansir dari Daily Mail, pria asal Portugal ini akan digaji sebesar 15 juta poundsterling atau setara Rp272 miliar per tahun.

Jumlah tersebut tergolong besar untuk kategori pelatih di Liga Inggris, level Eropa maupun dunia. Bahkan, pendapatan Mourinho mengalahkan gaji beberapa pelatih top seperti Jurgen Klopp di Liverpool dan Zinedine Zidane di Real Madrid.

Jurgen Klopp saat ini hanya digaji 7 juta poundsterling per tahun, sama seperti gaji yang diterima pelatih Spurs sebelumnya, Mauricio Pochettino dan Ole Gunnar Solskjaer di Manchester United.

Sedangkan Zidane, saat ini menerima gaji 10 juta poundsterling. Besaran gaji Mourinho hanya kalah dari Pep Guardiola yang mendapat 20 juta poundsterling di Manchester City.

Sementara itu, Jose Mourinho sendiri sudah memimpin latihan perdananya sebagai nahkoda Tottenham Hotspur setelah diperkenalkan pada Rabu (20/11/19) waktu setempat. West Ham United akan menjadi ujian pertamanya di Liga Inggris, pada Sabtu (23/11/19) di Stadion Olimpiade London.

Daftar Gaji Pelatih Top Dunia

No Pelatih Klub Gaji Per Tahun
1 Pep Guardiola Manchester City 20 juta pounds (Rp364 miliar)
2 Jose Mourinho Tottenham Hotspur 15 juta pounds (Rp273 miliar)
3 Diego Simeone Atletico Madrid 13 juta pounds (Rp236 miliar)
4 Rafa Benitez Dalian Yifang 12 juta pounds (Rp218 miliar)
5 Fabio Cannavaro  Guangzhou Evergrande Taobao 10 juta pounds (Rp182 miliar)
6 Zinedine Zidane Real Madrid 10 juta pounds (Rp182 miliar)
7 Antonio Conte Inter Milan 9 juta pounds (Rp163 miliar)
8 Thomas Tuchel Paris Saint-Germain 8 juta pounds (Rp145 miliar)
8 Ernesto Valverde Barcelona 8 juta pounds (Rp145 miliar)
10 Jurgen Klopp Liverpool 7 juta pounds (Rp127 miliar)
IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%