Bola Internasional

Buntut Pengeroyokan Suporter Indonesia, Netizen Ingin Ganyang Malaysia

Jumat, 22 November 2019 11:56 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Fans Timnas Indonesia/Dammer Saragih
Warganet  meluapkan kemarahannya lewat tanda #GanyangMalaysia menyusul dugaan pengeroyokan suporter Indonesia oleh oknum fans Malaysia usai laga Kualifikasi Piala Dunia 2022. Copyright: © Fans Timnas Indonesia/Dammer Saragih
Warganet meluapkan kemarahannya lewat tanda #GanyangMalaysia menyusul dugaan pengeroyokan suporter Indonesia oleh oknum fans Malaysia usai laga Kualifikasi Piala Dunia 2022.

INDOSPORT.COM – Warganet Indonesia meluapkan kemarahannya atas kerusuan di laga Timnas Malaysia vs Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 termasuk dugaan pengeroyokan pada fans tim tamu. Seketika, tanda #GanyangMalaysia pun langsung trending di Twitter.

Hari ini Jumat (22/11/19), tanda #GanyangMalaysia memuncaki trending topic di Indonesia dengan meraup 10,1 ribu Tweets hingga berita ini diturunkan oleh media olahraga INDOSPORT.

Tanda tersebut semakin popular menyusul insiden selama laga kemenangan Malaysia atas Timnas Indonesia dengan skor 2-0 pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022, di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Selasa kemarin.

© Twitter
Tagar Ganyang Malaysia trending di Twitter Copyright: TwitterTagar Ganyang Malaysia trending di Twitter

Suporter Malaysia dan Indonesia saling lempar benda tumpul hingga flare. Beruntung pihak keamanan bertindak cepat, dan insiden mampu diredam guna tidak menjalar lebih luas.

Gesekan panas antar kedua suporter rupanya sudah terjadi sejak sehari sebelum pertandingan. Sebuah insiden pengeroyokan terhadap suporter Indonesia terjadi pada hari Senin.

Dalam sebuah video yang saat ini viral beredar, tampak suporter Timnas Indonesia dipukul dan ditendang oleh sekelompok orang berbahasa Melayu mengenakan baju berwarna kuning.

Lewat tanda #GanyangMalaysia, para pencinta sepak bola di Tanah Air meluapkan kekesalan mereka atas sikap Malaysia, terutama Menpora Negeri Jiran, Syed Saddiq, yang hingga kini masih diam menanggapi kasus kerusuhan antarsuporter tersebut.

Seorang penggemar menyebut aksi pengeroyokan suporter Indonesia oleh oknum Malaysia sudah diluar batas kemanusiaan. "Saya melihat manusia, tapi saya tidak melihat kemanusiaan," tulisnya. 

Selain itu ada juga netizen yang marah karena oknum Malaysia sudah merusak hubungan baik dengan Indonesia, mengingat kedua negara masih satu rumpun Melayu. 

"Anda hanya dpenuhi emosi dan kepuasan. Tolong, berpikirlah dulu sebelum bertindak, ini menyangkut nyawa seseorang. Kekeluargaan harus kita jaga meski kamu hancur. Lihatlah kita sangat dekat di peta, tapi kenapa kita jauh di kehidupan nyata."

1