Bola Internasional

Darius Sinathrya Tuntut Menpora Malaysia Syed Syaddiq Minta Maaf ke Indonesia

Jumat, 22 November 2019 10:23 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Malaysia Kini
Darius Sinathrya mendesak agar Menpora Malaysia, Syed Syaddiq, meminta maaf ke Indonesia atas kasus pengeroyokan suporter di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Copyright: © Malaysia Kini
Darius Sinathrya mendesak agar Menpora Malaysia, Syed Syaddiq, meminta maaf ke Indonesia atas kasus pengeroyokan suporter di Kualifikasi Piala Dunia 2022

INDOSPORT.COM – Presenter olahraga Tanah Air, Darius Sinathrya, mendesak agar Menteri Olahraga Malaysia, Syed Saddiq, untuk segera meminta maaf ke Indonesia terkait pengeroyokan suporter Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2019.

Usai kemenangan Malaysia atas Timnas Indonesia di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022, Selasa (19/11/19), kerusuhan terjadi antarsuporter. Bahkan, belakangan beredar laporan bahwa beberapa suporter Indonesia yang datang ke Stadion Bukit Jalil menjadi korban pengeroyokan oleh oknum suporter Malaysia.

Darius melalui akun resmi di Twitter mempertanyakan sikap Menpora Syed Saddiq yang masih diam pasca ditemukannya laporan tersebut.

“Syed Saddiq sudah terima laporan oknum suporter Anda? Sudah lihat video? Ada tanggapan?” cecar Darius.

“Jangan caper nonton di tribun GBK lalu tutup mata dengan apa yang terjadi di negara Anda!!” lanjut Darius.

Darius kemudian juga menuntun Menpora Malaysia itu untuk minta maaf di publik kepada Indonesia, satu hal yang pernah dilakukan Menpora Indonesia kala itu, Imam Nahrawi, saat ada kerusuhan suporter di pertemuan pertama Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Menurut penuturan saksi sekaligus korban, pengeroyokan terjadi sehari sebelum pertandingan, di jalan Alor menuju Bukit Bintang. Pengeroyokan dibarengi dengan penyeretan dan perampasan tas.

Beruntung korban bisa menyelematkan diri ke salah satu hotel tempat rekan suporter Indonesia lainnya menginap. Berkat bantuan dari suporter Timnas Indonesia lain, korban akhirnya dibawa ke rumah sakit dan kemudian melaporkan kejadian itu ke pihak kepolisian.

Sebelumnya, Syed Saddiq sendiri sudah memberikan keterangan singkat lewat Twitter-nya. Dia sudah meminta pihak kepolisian mengusut dan menegakan keadilan bagi kedua belah pihak.

Akan tetapi tanggapan tersebut sampai saat ini belum ditindaklanjuti dengan sikap permintaan maaf secara resmi Syed Saddiq atas ulah buruk suporter di negerinya sendiri.

Hal ini sangat bertolak belakang dengan sikap Syed Saddiq ketika dia hadir di stadion GBK pada laga Indonesia vs Malaysia sebelumnya. Shaddiq bersuara keras meminta pihak Indonesia meminta maaf atas aksi pelemparan flare fans Timnas Indonesia ke tribun suporter Malaysia.

1