Bola Internasional

Kesaksian WNI dalam Kasus Pengeroyokan Suporter Indonesia di Malaysia

Jumat, 22 November 2019 07:36 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Seorang Warga Negara Indonesia (WNI), Dammer Saragih, memberi kesaksian kasus pengeroyokan suporter Timnas Indonesia di Malaysia pada Kualifikasi Piala Dunia 2022. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Seorang Warga Negara Indonesia (WNI), Dammer Saragih, memberi kesaksian kasus pengeroyokan suporter Timnas Indonesia di Malaysia pada Kualifikasi Piala Dunia 2022.

INDOSPORT.COM – Seorang Warga Negara Indonesia (WNI), Dammer Saragih, memberi kesaksian kasus pengeroyokan suporter Timnas Indonesia di Malaysia pada Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Pertandingan kelima Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 tersebut nyatanya dinodai dengan aksi kurang terpuji dari oknum suporter Malaysia.

Karena beberapa oknum fans tim tuan rumah berulah dengan melontarkan kalimat tidak terhormat saat menghina Indonesia.

Tak hanya itu, sebagian dari mereka juga melakukan pelemparan flare dan smoke bomb ke arah tribun suporter Timnas Indonesia.

Parahnya lagi, oknum suporter Malaysia juga melakukan pengeroyokan kepada fans setia Timnas Indonesia yang datang menyaksikan laga Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Salah satu suporter Timnas Indonesia yang datang ke Stadion Bukit Jalil, Dammer Saragih, mengungkapkan jika dirinya melihat langsung korban yang dipukuli oknum fans Malaysia.

“Memang saya ketemu orang badannya besar lari sendirian dipukulin, dan saya sempat lihat video yang dipukulin di bawah jembatan, kayaknya orangnya itu,” ujarnya kepada INDOSPORT.

“Mereka sepertinya mengincar fans Indonesia yang berkumpul cuma berdua atau bertiga saja. Karena kami berombongan, mereka hanya melihat saja dan tidak berani macam-macam,” lanjutnya.

Kejadian tersebut terjadi saat Dammer ingin keluar dari penginapan. Di tengah perjalanan, Dammer bertemu dengan salah satu korban suporter Timnas Indonesia yang dipukuli.

“Saya malam mau kelar, terus tiba-tiba ada yang lari, dia bilang ‘mas jangan ke arah sana, masih belum aman, tadi saya habis dipukulin’,” jelas Dammer.

Terlepas dari kerusuhan oknum suporter Malaysia, Timnas Indonesia harus menelan kekalahan 0-2 di Kualifikasi Piala Dunia 2022 dari tim tuan rumah.