In-depth

Jose Mourinho dan Penyakit 'Demam Panggung' di Laga Debut Bersama Klub Baru

Jumat, 22 November 2019 15:40 WIB
Editor: Juni Adi
© Tottenham Hotspur FC/Tottenham Hotspur FC via Getty Images
Jose Mourinho dalam jumpa pers bersama Tottenham Hotspur Copyright: © Tottenham Hotspur FC/Tottenham Hotspur FC via Getty Images
Jose Mourinho dalam jumpa pers bersama Tottenham Hotspur

INDOSPORT.COM - Usai ditunjuk sebagai pelatih baru Tottenham Hotspur menggantikan Mauricio Pochettino, Jose Mourinho langsung bergegas menyiapkan tim untuk meraih hasil maksimal di laga perdana.

Tottenham Hotspur sendiri adalah klub ke-8 yang pernah ditangani pria asal Portugal itu. Sebelumnya, Mourinho pernah menjadi pembesut Benfica, Uniao de Leiria, Porto, Chelsea, Inter Milan, Real Madrid dan Manchester United.

Derby London melawan West Ham United pada Sabtu (23/11/19) di Stadion Olimpiade London pada pekan ke-13 Liga Inggris, akan menjadi pertandingan debut pria asal Portugal itu.

Kemenangan meyakinkan tentu saja adalah sebuah harapan yang ingin diwujudkan oleh Mourinho. Akan tetapi rekor dia di laga pertama liga bersama klub baru tidak bagus-bagus amat.

Dilansir dari Sky Sports, Mourinho hanya mampu meraih empat kemenangan dari delapan pertandingan pertamanya di liga domestik, tiga laga berakhir imbang dan satu kali kalah.

Pertama kali menapaki sebagai pelatih kepala, karier Jose Mourinho tidak berjalan mulus. Membesut Benfica pada tahun 2002, laga debutnya tercoreng karena kalah dari Boavista 0-1 pada 23 September 2002. Duda jadi penentu kemenangan.

Hanya tiga bulan berada di Benfica, Mourinho lalu pindah ke Uniao de Leiria pada April 2001. Debutnya sedikit lebih baik, karena mampu mencuri 1 poin dari lawatannya ke markas Sporting Braga, dalam Liga Portugal pada 10 Agustus 2001.

Leiria kemudian memuncaki klasemen sampai musim dingin tapi kemudian anjlok usai ditinggal Mourinho yang hengkang ke Porto pada 23 Januari 2002.

Di FC Porto, Mourinho menandai debutnya di liga dengan kemenangan. Melawan Maritimo, Porto menang tipis 1-2 pada 26 Januari 2002. Hasil itu itu juga jadi pengangkat moral Porto, yang sebelumnya hanya sekali menang dalam 6 laga.

Sukses bersama Porto dengan menjuarai Liga Portugal musim tersebut dan Liga Champions, Mou melanjutkan petualangannya ke liga yang levelnya meningkat yakni Liga Inggris membesut Chelsea tahun 2004.

Pada periode pertama Mourinho melatih The Blues, dia langsung dihadapkan dengan partai big match melawan Manchester United pada 15 Agustus 2004. 

Kendati demikian, pelatih berusia 56 tahun itu mampu melewati ujian pertamanya di Inggris dengan memuaskan. Chelsea menang 1-0 atas Man United besutan Sir Alex Ferguson, lewat gol semata wayang Eidur Gudjohnsen.

Sukses di Chelsea, The Special One pergi menuju Inter Milan tahun 2008. Sayang, laga debutnya tidak berlangsung manis di Nerazzurri karena hanya bisa imbang 1-1 melawan Sampdoria di Luigi Ferraris pada 30 Agustus 2008.

Inter tertinggal lebih dulu lewat gol Gennaro Delvecchio sebelum Zlatan Ibrahimovic mencetak gol balasan untuk menyelamatkan timnya. Mourinho kemudian hengkang ke Real Madrid, setelah memberikan treble winner untuk Inter Milan tahun 2010. 

Di Real Madrid, Mourinho melakoni debutnya di La Liga dengan hasil imbang 0-0 di markas Real Mallorca pada akhir Agustus 2010. Tak hanya gagal meraih angka penuh, pemain utamanya Cristiano Ronaldo pun cedera.

Mou tidak terlalu sukses membesut Los Blancos, sehingga ia kontraknya tak diperpanjang dan kembali ke klub yang membesarkan namanya, Chelsea pada tahun 2013.

Di tahun kedua membesut Frank Lampard cs, debutnya kembali berakhir manis. Chelsea sukses mengalahkan Hull City 2-0 pada Agustus 2013 di Stamford Bridge. Oscar dan Frank Lampard mencatatkan namanya dalam papan skor.

Setelah hanya mampu memberikan dua gelar yakni trofi Liga Inggris dan Piala Liga Inggris, Mourinho terdepak dari Stamford Bridge sebelum akhirnya dipungut oleh Manchester United tahun 2016.

Bersama The Red Devils, Jose Mourinho meraih kemenangan 3-1 atas Bournemouth FC pada 14 Agustus 2016. Hasil pertandingan Liga Inggris itu membuat Manchester United langsung memuncaki klasemen awal Liga Inggris di musim 2016-2017 tersebut.

Berikut Rekor Mourinho di Laga-laga Pertama Liga Bersama Klub Barunya:

23 September 2000: Boavista 1-0 Benfica (Liga Portugal)

10 Agustus 2001: Sporting Braga 0-0 Uniao de Leiria (Liga Portugal)

26 Januari 2002: Porto 2-1 Maritimo (Liga Portugal)

15 Agustus 2004: Chelsea 1-0 Manchester United (Liga Inggris)

30 Agustus 2008: Sampdoria 1-1 Inter Milan (Serie A)

29 Agustus 2010: Real Mallorca 0-0 Real Madrid (Liga Spanyol)

18 Agustus 2013: Chelsea 2-0 Hull City (Liga Inggris)

14 Agustus 2016: Bournemouth 1-3 Manchester United (Liga Inggris)