Liga Indonesia

Flashback Trio Amerika Latin yang Pernah Buat Persik Kediri Ditakuti di Liga Indonesia

Sabtu, 23 November 2019 13:25 WIB
Editor: Coro Mountana
© INDOSPORT
Flashback Trio Amerika Latin yang Pernah Buat Persik Kediri Ditakuti di Liga Indonesia Copyright: © INDOSPORT
Flashback Trio Amerika Latin yang Pernah Buat Persik Kediri Ditakuti di Liga Indonesia

INDOSPORT.COM – Di balik kesuksesan promosi ke Liga 1 2020, Persik Kediri nyatanya merupakan mantan raja di Liga Indonesia berkat kehadiran trio Amerika Latin yang begitu melegenda.

Adalah Cristian Gonzales (Uruguay), Ronald Fagundez (Uruguay), dan Danilo Fernando (Brasil) yang menjadikan Persik Kediri begitu ditakuti di Liga Indonesia medio 2006 hingga 2008. Cristian Gonzales hadir lebih dulu di Stadion Brawijaya pada tahun 2005.

Meski gagal menjadikan Persik Kediri sebagai juara Liga Indonesia pada tahun itu, Gonzales berhasil menyabet penghargaan sebagai top skor.

Barulah setahun setelah itu, Gonzales berhasil membawa Persik Kediri berbicara banyak setelah kedatangan dua temannya.

Secara bersamaan Danilo Fernando dan Ronald Fagundez datang ke Persik Kediri untuk melayani seorang penyerang haus gol seperti Gonzales.

Bisa dibayangkan betapa menakutkannya Persik, diperkuat penyerang komplit seperti Cristian Gonzales yang dilayani oleh dewa kaki kiri, Ronald Fagundez dan gelandang serang cerdas seperti Danilo Fernando.

Liga Indonesia 2006 pun berhasil direngkuh atas PSIS Semarang yang diperkuat Emanuel De Porras.

Kecermelangan trio Amerika Latin itu ternyata berlanjut magisnya pada tahun 2007 dengan membawa Persik Kediri bersaing secara sengit di Liga Champions Asia.

Satu grup dengan Urawa Red Diamonds (Jepang), Shanghai Shenhua (China), dan Sydney FC (Australia), Persik nyatanya tidak gentar.

Berhasil membuat rekor tak pernah kalah di kandang termasuk menahan imbang Urawa Red Diamonds, 3-3 menjadi catatan sejarah yang sangat membanggakan bagi warga Kediri dan Indonesia.

© GettyImages
Pemain Urawa Reds Merayakan Juara Liga Champions Asia 2017 Copyright: GettyImages10 Tahun Lalu Sebelum Urawa Reds Merayakan Juara Liga Champions Asia 2017, mereka pernah ditahan Persik Kediri.

Apalagi di tahun itu, Urawa sangatlah kuat hingga mampu keluar sebagai juara di tahun itu.

Dengan perolehan 7 poin, memang Persik tidak bisa lanjut dan tersingkir tetapi mereka finish di atas Shanghai Shenhua. Sayang kisah legendaris Cristian Gonzales-Danilo Fernando-Ronald Fagundez harus berakhir pada 2008.

Setelah Danilo Fernando pergi dari Persik Kediri untuk Deltras Sidoarjo pada 2009. Ternyata tak berapa lama setelah itu, Persik Kediri benar-benar harus kehilangan Cristian Gonzales yang memilih ke Persib Bandung, sedangkan Ronald Fagundez bergabung dengan Persisam Putra Samarinda.

© ANTARA
Pemain Persik Kediri, Danilo Fernando Menghindari Jegalan di Liga Champions Asia Copyright: ANTARAPemain Persik Kediri, Danilo Fernando Menghindari Jegalan di Liga Champions Asia

Meski begitu, torehan 174 gol dari 106 laga Gonzales, 25 gol dari 73 laga Fagundez dan 38 gol dari 74 laga sudah cukup membuat Persik Kediri begitu berjaya di Liga Indonesia.

Kini dengan kembali ke kasta teratas Liga Indonesia musim depan, Persik Kediri siap mengulang kembali kejayaan di masa lalu itu.