In-depth

Persib Tak Pernah Menang Atas Barito Putera di Liga 1, Karma Masa Lalu?

Minggu, 24 November 2019 19:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT
Persib Bandung tak pernah menang melawan Barito Putera di Liga 1, ada nuansa dendam masa lalu sejak semifinal Ligina 1994/95. Copyright: © INDOSPORT
Persib Bandung tak pernah menang melawan Barito Putera di Liga 1, ada nuansa dendam masa lalu sejak semifinal Ligina 1994/95.

INDOSPORT.COM - Statistik mengejutkan kembali tercipta dalam pertemuan antara Persib Bandung vs Barito Putera di kompetisi Shopee Liga 1 2019. Tuan rumah memperpanjang rekor tanpa kemenangan, apakah karena karma masa lalu?

Pertandingan Persib vs Barito Putera di Stadion Si Jalak Harupat, Minggu (24/11/19), berlangsung sengit dan berakhir sama kuat. Kedua tim harus berbagi satu poin sehingga pasukan Robert Rene Alberts kehilangan momentum melaju ke lima besar klasemen.

Skor tersebut juga memperpanjang rekor tanpa kemenangan Persib Bandung atas Barito Putera sepanjang Liga 1, bahkan sejak kompetisi ISC 2016. Merka hanya mampu meraih lima hasil imbang dalam delapan pertemuan, tiga laga lainnya berujung kekalahan.

Musim ini, Febri Hariyadi dkk. juga sempat tumbang 0-1 saat bertandang ke markas Barito Putera di putaran pertama, 4 Agustus lalu. Gol tunggal lahir dari aksi  gelandang muda Ady Setiawan yang membungkam kiper I Made Wirawan.

Sementara di Liga 1 2018, kedua tim sama-sama meraih hasil imbang baik di putaran pertama maupun kedua. Ezechiel N’Douassel dan Samsul Arif membukukan dua gol untuk klubnya masing-masing.

Catatan yang sama juga didapat di Liga 1 2017, ketika Barito Putera menaklukkan Persib lewat gol tunggal gelandang asing Matias Cordoba, namun tak satu pun pemain Persib yang mampu membobol gawang Laskar Antasari sepanjang musim.

Catatan minor Persib saat bersua Barito disinyalir karena motivasi dari kegagalan di masa lalu. Perlu diketahui, sejarah rivalitas kedua tim memang sudah lama terjalin, tepatnya sejak Liga Indonesia (Ligina) 1994/95.

Saat itu, Persib Bandung dan Barito Putera berjumpa di semifinal, Jumat (28/7/95). Laga berlangsung di Stadion Utama Senayan (sekarang GBK). Laskar Antasari sempat membukukan dua gol yang kemudian dianulir oleh wasit Khairil Agil.

Di lain pihak, Persib sempat kesulitan membobol gawang Barito Putera yang dikawal Abdillah. Berbagai peluang berhasil dimentahkan, bahkan saat itu dianggap jika Barito menggunakan hal magis agar dapat menahan gempuran tim lawan.

Persib akhirnya membukukan gol tunggal kontroversial, hingga membuat penggawa Barito mogok bermain di sisa waktu. Sempat terjadi kericuhan lantaran diduga kuat laga tersebut diselimuti match fixing, namun akhirnya tim asal Kalimantan tersebut harus menyerah dengan kekalahan 0-1.

Meski tidak secara langsung berpengaruh pada pertandingan antara Persib Bandung dan Barito Putera di Liga 1 2019, namun barangkali motivasi akan kekalahan di masa lalu ikut andil mementukan nasib kedua tim, terutama sang tuan rumah.