Bola Internasional

Dua Suporter Timnas Indonesia Dibebaskan Polisi Malaysia, Satu Orang Masih Ditahan

Senin, 25 November 2019 18:52 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Isman Fadil
© Fans Timnas Indonesia/Dammer Saragih
Suporter Timnas Indonesia saat dilempari smoke bomb oleh oknum fans Malaysia di laga kelima Kualifikasi Piala Dunia 2022. Copyright: © Fans Timnas Indonesia/Dammer Saragih
Suporter Timnas Indonesia saat dilempari smoke bomb oleh oknum fans Malaysia di laga kelima Kualifikasi Piala Dunia 2022.

INDOSPORT.COM - Polisi Malaysia akhirnya membebaskan dua dari tiga suporter Timnas Indonesia yang terlibat kericuhan dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Laga sepak bola Kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Malaysia vs Timnas Indonesia digelar di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur pada Selasa (19/11/19) lalu.

Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Malaysia vs Timnas Indonesia memang berlangsung panas hingga ada insiden saling lempar flare antar suporter.

Keributan di dalam Stadion Bukit Jalil tersebut membuat polisi Malaysia mengambil langkah tegas dan menangkap tiga suporter Timnas Indonesia.

Mereka ditangkap atas dugaan informasi adanya WNI yang akan melakukan keributan bila Timnas Indonesia kalah. Dilansir dari Antara, dua suporter kini telah dibebaskan yakni bernama Iyan Prada Pribow (32) dan Rifki Choirudin (31). Sementara itu satu suporter Timnas Indonesia yang masih ditahan adalah Andreas Setiawan (28).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, menjelaskan mengapa polisi Malaysia masih menahan satu orang.

"Alasannya masih ditahan karena menunggu keputusan forensik terhadap barang bukti handphone yang bersangkutan," kata Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono.

Argo juga mengatakan kalau saat ini pihaknya terus melakukan koordinasi supaya kasus ini bisa segera terselesaikan.

"Pada prinsipnya bahwa Kementrian Luar Negeri yang mewakili Kepolisian RI dan dari atasan Kepolisian di Kuala Lumpur Malaysia tetap komunikasi terus dengan Pemerintah Malaysia," ucapnya.

Dalam babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 lalu, Timnas Indonesia harus menyerah 0-2 dari Malaysia. Hasil itu membuat Timnas Indonesia semakin terpuruk di dasar klasemen sementara Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022.