Liga Spanyol

Jika Pensiun, Pemain Barcelona Ini Ingin Jadi Pelatih Klub Prancis

Senin, 25 November 2019 16:27 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Getty Images
Meski kini masih aktif bermain di kancah LaLiga Spanyol bersama Barcelona, Samuel Umtiti (tengah), punya mimpi kembali ke Olympique Lyon. Copyright: © Getty Images
Meski kini masih aktif bermain di kancah LaLiga Spanyol bersama Barcelona, Samuel Umtiti (tengah), punya mimpi kembali ke Olympique Lyon.

INDOSPORT.COM - Pemain LaLiga Spanyol dari klub Barcelona, Samuel Umtiti, mengaku ingin menjadi pelatih di klub Ligue 1 Prancis, Olympique Lyon.

Bek tengah Barcelona, Samuel Umtiti, memang sebelumnya pernah memperkuat Olympique Lyon. Bahkan, ia menjalani karier sepak bola juniornya juga bersama klub yang berjuluk Les Gones itu.

Meski di kancah LaLiga Spanyol bersama Barcelona ia sudah menjadi andalan Ernesto Valverde, pemain berusia 26 tahun asal Yaounde, Kamerun, tersebut tetap punya mimpi kembali ke Lyon, entah sebagai pemain atau sebagai pelatih jika sudah pensiun nanti.

"Saya punya cita-cita ingin menjadi pelatih. Selama bermain sepak bola, saya selalu mencatat ap apun yang para pelatih itu sampaikan kepada kami,

"Saya memiliki banyak catatan tentang apa yang biasanya mereka lakukan di sesi latihan dan di pertandingan," ujar Samuel Umtiti, seperti dilansir dari laman portal berita sepak bola Tribal Football.

"Kembali ke (Olympique) Lyon adalah sebuah kemungkinan bagi saya, entah sebagai pemain atau sebagai pelatih, karena saya merasa tumbuh dan berkembang bersama mereka. Saya ingin kembali ke Prancis suatu hari nanti," pungkasnya.

Pada bursa transfer musim panas 2019 yang lalu, Samuel Umtiti menjadi salah satu nama yang cukup tenar. Pasalnya, ia jadi incaran beberapa klub besar Eropa seperti Manchester United, Arsenal, Paris Saint-Germain, dan lain-lain.

Ini membuktikan bahwa bek bernomor punggung 23 itu memiliki skill yang menawan, yang bisa menjadi modal baginya untuk menjadi pelatih suatu hari nanti.

Samuel Umtiti telah memperkuat Barcelona sejak 2016. Bersama klub sepak bola La Liga tersebut di kancah domestik musim ini, ia dimainkan tiga kali, memiliki akurasi umpan 89 persen, clean sheet satu kali, dan memiliki tingkat kesuksesan duel 58 persen.