Liga Indonesia

Persipura Kalah dari Persebaya, Jacksen F Tiago Salah Buat Keputusan

Senin, 25 November 2019 08:32 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Media Persipura
Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago, mengakui jika timnya gagal mengimbangi Persebaya Surabaya saat kedua tim saling bentrok dalam laga lanjutan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Aji Imbut Tenggarong, Minggu (24/11/19) karena dirinya salah membuat keputusan. Copyright: © Media Persipura
Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago, mengakui jika timnya gagal mengimbangi Persebaya Surabaya saat kedua tim saling bentrok dalam laga lanjutan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Aji Imbut Tenggarong, Minggu (24/11/19) karena dirinya salah membuat keputusan.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago, mengakui jika timnya gagal mengimbangi Persebaya Surabaya saat kedua tim saling bentrok dalam laga lanjutan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Aji Imbut Tenggarong, Minggu (24/11/19) karena dirinya salah membuat keputusan.

Menurut Jacksen, dirinya mencoba menerapkan komposisi berbeda di sektor tengah Persipura dengan tujuan mendominasi jalannya pertandingan. Namun, sayangnya hal tersebut justru tak berdampak besar bagi timnya.

"Kita mencoba melakukan perubahan di dari sektor tengah untuk bisa menguasai jalannya pertandingan dan ambil alih pertandingan dan mencoba memanfaatkan celah yang kita lihat, tapi keputusan yang saya ambil tidak berdampak besar pada tim," ungkap Jacksen saat konferensi pers usai laga melawan Persebaya.

Justru sebaliknya, Jacksen mengakui jika Persebaya tampil lebih dominan dan bisa memanfaatkan kesalahan yang dibuat oleh anak asuhnya di menit akhir pertandingan.

Hanya saja, Jacksen menilai permainan Persebaya harusnya bisa dipatahkan oleh timnya. Tapi situasi di lapangan berbeda dengan yang direncanakan.

"Persebaya tampil lebih dominan tapi dominan pun mereka banyak memanfaatkan bola jauh dan tidak banyak situasi mereka yang benar-benar mengancam kita. Situasi itu sebenarnya sudah kita antisipasi, karena dari awal mereka sudah memainkan bola seperti itu," jelasnya.

"Kita coba bermain bola pendek padahal lebih menguntungkan saat kita memberi sebuah through pass di belakang bek lawan karena striker kita melakukan gerakan di belakang mereka. Begitu serangan balik, kita salah passing dan harus bayar mahal keputusan itu," pungkasnya. 

Di laga Liga 1 2019 tersebut, Persipura dipaksa menyerah dengan skor tipis 0-1 melalui gol yang dicetak oleh striker Persebaya asal Brasil, David da Silva di menit akhir babak kedua.