Bola Internasional

3 Modal Besar Timnas Indonesia U-23 Bisa Taklukkan Thailand di SEA Games 2019

Selasa, 26 November 2019 06:30 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© INDOSPORT
Meski berada dalam grup neraka di SEA Games 2019, Timnas Indonesia U-23 justru bisa diuntungkan. Copyright: © INDOSPORT
Meski berada dalam grup neraka di SEA Games 2019, Timnas Indonesia U-23 justru bisa diuntungkan.

INDOSPORT.COM - Berikut 3 modal besar yang dimiliki Timnas Indonesia U-23 untuk bisa taklukkan Thailand di laga perdana SEA Games 2019, Selasa (26/11/19) sore WIB.

Pertandingan Grup B SEA Games 2019 antara Thailand vs Timnas Indonesia U-23 akan diselenggarakan di Rizal Memorial Stadium, Manila pada hari ini, pukul 16.00 WIB.

Melihat Timnas Indonesia senior kalah telak 0-3 dari Thailand di laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia pada Oktober lalu, tentu saja kiprah tim asuhan Indra Sjafri nanti sore diharapkan bisa jadi pelipur lara.

Apalagi baik dari pelatih kepala, Indra Sjafri hingga skuat Timnas Indonesia U-23 yang kini diperkuat oleh Evan Dimas dan Zulfiandi sebagai slot pemain senior, terlihat punya optimisme yang tinggi.

Kemenangan atas Thailand di SEA Games 2019 nanti sore bisa dikatakan adalah target wajib yang harus dipenuhi. Pasalnya dari 6 negara di Grup B, hanya 2 tim yang bisa lolos ke semifinal.

Belum lagi lawan-lawan berat di Grup B SEA Games 2019, seperti Singapura dan Vietnam sudah menanti Timnas Indonesia U-23. Oleh karena itu, 3 poin harus bisa diraih oleh skuat asuhan Indra Sjafri.

Melihat kewajiban akan kemenangan, INDOSPORT pun sudah menelusuri bahwa Timnas Indonesia U-23 punya modal besar untuk bisa taklukkan Thailand di laga Grup B SEA Games 2019.

Persiapan Matang

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Duel pemain Timnas Indonesia U-23, Muhammad Rafli dengan pemain Iran U-23 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Sabtu (16/11/19). Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTDuel pemain Timnas Indonesia U-23, Muhammad Rafli dengan pemain Iran U-23 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Sabtu (16/11/19).

Yang pertama tentu saja persiapan matang yang sudah dijalani oleh Timnas Indonesia U-23. Kita semua tahu, bahwa Indra Sjafri memang secara rutin mengumpulkan para pemainnya sejak September lalu.

Yang paling jadi sorotan tentu saja dua laga uji coba terakhir Timnas Indonesia U-23, yaitu menghadapi negara kuat seperti Iran U-23 di pertengahan November 2019.

Timnas Indonesia U-23 vs Iran U-23 dimainkan dua kali, di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali pada 13 November dan 16 November di Stadion Pakansari, Bogor.

Hasil pertandingan yang pertama, Timnas Indonesia U-23 mampu menahan imbang 1-1. Sementara di laga kedua, Egy Maulana Vikri cs mampu mencatatkan kemenangan.

Sebelumnya, Timnas U-23 juga mengikuti Chongqing International Football Tournament 2019 yang digelar di China.

Meski hasil minor, pengalaman menghadapi negara-negara kuat seperti China, Yordania dan Arab Saudi juga menjadi modal yang cukup bagus.

Juara AFF U-22 2019

© Zainal Hasan/INDOSPORT
Aksi selebrasi Timnas Indonesia U-22 merayakan kemenangan sebagai juara Piala AFF U-22 Copyright: Zainal Hasan/INDOSPORTAksi selebrasi Timnas Indonesia U-22 merayakan kemenangan sebagai juara Piala AFF U-22

Modal besar lainnya adalah Timnas Indonesia U-23 punya komposisi skuat yang tidak berbeda jauh dari saat mereka menjuarai Piala AFF U-22 2019 pada akhir Februari 2019 lalu.

Terlebih lagi, pada laga final Piala AFF U-22 2019 itu, kita berhasil mengalahkan Thailand dengan skor 2-1 di Stadion Nasional Olimpiade, Kamboja.

Bahkan Timnas Indonesia U-23 kebobolan lebih dulu oleh Thailand pada menit ke-58. Tapi satu menit berselang, kita berhasil menyamakan skor menjadi 1-1 lewat sepakan Sani Rizki Fauzi.

Kita berbalik unggul saat tandukan Osvaldo Haay berhasil menjadi gol dan skor 2-1 pun bertahan hingga akhir laga.

Mengingat SEA Games 2019 adalah kompetisi olahraga antar negara Asia Tenggara, tentu saja juara Piala AFF U-22 2019 bisa jadi tolak ukur kekuatan Timnas Indonesia U-23.

Kejeniusan Indra Sjafri

© INDOSPORT
Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri daftarkan 40 pemain untuk Sea Games 2019 Copyright: INDOSPORTPelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri daftarkan 40 pemain untuk Sea Games 2019

Yang terakhir tentu saja kejeniusan seorang pelatih akan berdampak besar untuk kesuksesan tim asuhannya dalam mengarungi sebuah kompetisi. Ya, Timnas Indonesia U-23 kini dinahkodai oleh Indra Sjafri.

Indra Sjafri merupakan pelatih yang lihai memoles bakat para pemain muda. Bahkan skuat Timnas Indonesia U-23 yang ada saat ini, juga merupakan bekas asuhannya ketika masih melatih Timnas U-19.

Tidak hanya jenius meracik strategi, Indra Sjafri juga kerap kali menebar optimisme saat konferensi pers dengan awak media. Seperti yang baru saja dilakukannya jelang SEA Games 2019 cabor sepak bola dimulai.

"Mudah-mudahan kita dapat hasil positif lawan Thailand. Kami juga mengharapkan dukungan dan doa dari masyarakat Indonesia," ucap Indra Sjafri dalam konferensi pers.

Harapan akan hasil positif kontra Thailand juga tak sembarangan diungkapkan Indra Sjafri. Dia sempat mengaku telah mengantongi kekuatan Thailand U-23 jelang laga perdana di SEA Games 2019.

"Kita sudah tahu kekuatan dan gaya Thailand. Karena itu kita berlatih bagaimana mengantisipasi sekaligus mematahkan permainan mereka. Semua strategi akan kita matangkan sampai hari H pertandingan," kata Indra Sjafri dilansir dari laman resmi PSSI.

Melihat 3 modal besar Timnas Indonesia U-23 yang sudah dijelaskan di atas, kemenangan atas Thailand di SEA Games 2019 semoga saja jadi kenyataan. Semangat Garuda Muda!