In-depth

Wimba Sutan, Sosok Penting di Balik Kesuksesan Persik Juara Liga 2

Selasa, 26 November 2019 07:52 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Tak hanya promosi ke Liga 1 2020, Persik Kediri juga baru memastikan diri menjadi juara Liga 2 2019 dengan kemenangan 3-2 atas Persita Tangerang, Senin (25/11/19) malam WIB.

Pertandingan final Liga 2 antara Persita Tangerang vs Persik Kediri dilangsungkan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali berjalan dengan sangat sengit.

Persita vs Persik berakhir dengan kemenangan 3-2 untuk Macan Putih. Laga baru berjalan 15 menit saat Persik Kediri unggul 2-0 atas Persita.

Tapi tim berjuluk Pendekar Cisadane itu tak menyerah begitu saja. Mereka menyamakan kedudukan sebelum babak pertama usai, lewat Muhammad Roby dan Sirvi Arfani.

Tapi Persik Kediri sukses mencetak gol penentu kemenangan yang dicetak oleh Wimba Sutan Fanosa pada menit ke-91. Gol tersebut tentunya sangat berarti untuk Persik.

Wimba Sutan mencetak gol ketiga Persik Kediri saat bek Persita, Zikri Akbar membuang bola. Bola yang dibuang mengenai Wimba dan masuk ke gawang Persita, yang jadi gol penting Persik.

Gol pada tambahan waktu membuat Persik akhirnya dinobatkan menjadi juara Liga 2 2019. Tentu nama Wimba Sutan akan selalu dikenang dalam sejarah klub asal Jawa Timur itu.

Oleh karena itu, sangat menarik untuk membahas siapa sebenarnya sosok Wimba Sutan yang mencetak gol bersejarah Persik Kediri. Berikut INDOSPORT akan membahas profil singkat Wimba Sutan.

Wimba Sutan, Sangat Dikenal Suporter Persik

© twitter.com/wimbasutan77
Wimba Sutan saat masih membela Persik Kediri pada tahun 2013 lalu. Copyright: twitter.com/wimbasutan77Wimba Sutan saat masih membela Persik Kediri pada tahun 2013 lalu.

Tak begitu populer di sepak bola Indonesia, nama Wimba Sutan ternyata sangat lekat di benak para suporter Persik yang kita kenal dengan sebutan Persikmania.

Mengawali kariernya bersama Persebaya Surabaya pada 2008 silam, lalu pindah ke Gresik United pada 2012, Wimba Sutan pertama kali gabung Persik pada tahun 2013.

Bersama Persik, Wimba Sutan mencatat kisah manis selama 3 tahun lamanya. Salah satunya adalah melakukan hal serupa yang baru saja dia lakukan musim ini, yaitu mengantar Persik promosi di tahun 2013 lalu.

Setelah berpisah dengan Persik di tahun 2017, Wimba harus memilih Deltras Sidoarjo jelang gelaran Liga 2 2017 karena alasan janji ke manajemen klub dan ingin lebih dekat dengan keluarga.

Hingga pada awal tahun 2019 ini, dia memilih Perserang Serang sebagai pelabuhan karier selanjutnya. Namun pada putaran kedua Liga 2 2019, dia meninggalkan Perserang dan gabung Persik Kediri.

Wimba Sutan, Sosok Penting di Skuat Persik

© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Penyerang Persik Kediri, Wimba Sutan, dalam jumpa pers Liga 2 2019. Foto: Nofik Lukman Hakim Copyright: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORTPenyerang Persik Kediri, Wimba Sutan, dalam jumpa pers Liga 2 2019. Foto: Nofik Lukman Hakim

Sebelum mencetak gol penentu gelar juara Liga 2 Persik Kediri kemarin malam, Wimba Sutan ternyata sudah pernah menegaskan dirinya punya peran penting di skuat asuhan Coach Budiardjo Thalib musim ini.

Tentu saja, karena memang bermain di posisi asli striker, Wimba Sutan ternyata beberapa kali mencetak gol penting untuk Persik Kediri. Seperti yang terjadi saat di babak penyisihan Liga 2 Wilayah Timur.

Gol penting Wimba Sutan terjadi saat dia mencetak gol kedua dalam kemenangan 2-0 Persik atas Madura FC pada awal Oktober lalu. Kemenangan ini pun membuat Persik sebagai tim pertama yang lolos ke babak 8 besar Liga 2.

Tidak hanya itu, Wimba Sutan juga menjadi penentu kepastian Persik mengantongi tiket promosi ke Liga 1. Saat mereka mengalahkan Persiraja Banda Aceh di semifinal Liga 2 lewat babak adu penalti.

Wimba Sutan menjadi eksekutor tendangan penalti terakhir Persik Kediri di laga tersebut. Eksekusi yang mulus ditambah eksekutor terakhir Persiraja gagal, membuat Wimba Sutan lagi-lagi jadi pahlawan Persik.

Hingga pada pertandingan final antara Persita vs Persik kemarin malam. Wimba Sutan benar-benar penting untuk Persik, dia mencetak gol pada menit ke-91.

"Di Persik Kediri, saya memang paling senior. Jadi, anak-anak yang lain ingin saya jadi motivasi untuk mereka," ucapnya usai laga semifinal Liga 2.

Mencetak gol-gol penting dalam perjalanan Persik Kediri juara Liga 2 dan promosi ke Liga 1 2020, membuat Wimba Sutan punya peranan penting dalam skuat asuhan Budiardjo Thalib.

Cukup menarik untuk dinantikan, apakah Persik Kediri bakal mempertahankan sosok Wimba Sutan di Liga 1 2020 atau berniat mencari pemain asing. Kita tunggu saja.