Bola Internasional

Berhasil Kalahkan Thailand, Tanda Timnas Indonesia Pasti Juara?

Rabu, 27 November 2019 14:54 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia U-23 yang berlaga di SEA Games 2019. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia U-23 yang berlaga di SEA Games 2019.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-23 mengalahkan Thailand pada laga perdana Grup B SEA Games 2019. Benarkah Timnas Indonesia pasti juara jika mengalahkan Thailand? 

Perjuangan Timnas Indonesia U-23 di ajang SEA Games 2019 sudah dimulai pada Selasa (26/11/19) lalu. Nadeo Arga Winata dkk berhasil mengalahkan Thailand dengan skor 2-0. 

Gol dari Egy Maulana Vikri dan Osvaldo Haay memberi kemenangan perdana bagi skuat Garuda Muda. Kemenangan ini disebut sangat oleh pelatih Indra Sjafri untuk melangkah ke pertandingan selanjutnya. 

Hal tersebut bukannya tanpa alasan, Thailand sering kali menjadi penjegal langkah dan lawan terkuat bagi Indonesia di berbagai ajang sepak bola di Asia Tenggara. 

Oleh sebab itu kemenangan atas Thailand terasa begitu penting bagi Indonesia, apalagi jika ingin meraih medali emas SEA Games 2019. 

Meski berhasil mengalahkan Thailand, apakah hal itu menjadi jaminan Timnas Indonesia akan menjadi juara? 

Berhasil Juara

Pada faktanya, Timnas Indonesia memang tercatat berhasil menjadi juara pada beberapa kesempatan, jika berhasil mengalahkan Thailand. 

Contoh pertama adalah saat Timnas Indonesia meraih medali emas pada SEA Games 1991 lalu. Lawan dari Widodo C Putro dkk di partai final adalah Thailand. 

Timnas Indonesia yang saat itu dilatih oleh Anatoli Polosin, berhak atas medali emas usai menang adu penalti dengan skor 4-3 atas Thailand. 

Contoh kedua dapat ditemukan pada turnamen Piala AFF U-22 2019 bulan Februari lalu. Timnas U-22 saat itu menghadapi Thailand pada pertandingan final. 

Hasilnya, Marinus Wanewar dan para koleganya berhasil menang dengan skor 2-1. Kemenangan tersebut membuat anak asuh Indra Sjafri untuk pertama kalinya mengangkat trofi Piala AFF U-22. 

Tetap Gagal Juara

Walaupun ada contoh bahwa Timnas Indonesia berhasil meraih gelar juara usai mengalahkan Thailand, ada juga masanya Timnas tetap gagal menjadi juara meskipun sudah menang melawan Thailand. 

Contoh pertama adalah Merdeka Tournament 2006 di Malaysia. Saat itu, Timnas Indonesia yang dilatih Peter White dan diperkuat oleh Atep dan Boaz Solossa, menang dengan skor 1-0 atas Thailand dan berhak melangkah ke final. 

Sayangnya, gol dari Zaenal Arif tak mampu menyelamatkan Timnas dari kekalahan 1-2 dari Myanmar. 

Kemenangan lain atas Thailand namun tak cukup untuk menjadikan Timnas Indonesia juara, terjadi di ajang Piala AFF 2010. 

Menjadi tuan rumah, Timnas Indonesia menang dengan skor 2-1 atas Thailand di fase grup. Kemenangan atas Thailand tersebut langsung membuat Indonesia dijagokan menjadi juara. 

Apalagi, lawan berat lainnya yaitu Malaysia, sudah dikalahkan dengan skor telak 5-1 pada pertandingan pertama. Akan tetapi di laga final, Malaysia justru tampil sebagai juara karena menang agregat 4-2. 

Satu lagi kemenangan atas Thailand yang tak mampu membuat Indonesia juara adalah di Piala AFF 2016. Kala itu Kurnia Meiga dkk menang 2-1 atas Thailand di final leg pertama. 

Tetapi asa untuk menjadi juara seketika sirna saat Thailand mampu menang dengan skor 2-0 di leg kedua. 

Kemenangan atas Thailand memang penting untuk Timnas Indonesia. Akan tetapi, kemenangan atas Thailand belum tentu bisa membuat Timnas Indonesia menjadi juara. 

Tetapi harapan itu tentunya tetap ada, apalagi Timnas Indonesia sudah puasa medali emas di ajang SEA Games selama 28 tahun.