Bola Internasional

Terungkap, Ini Alasan Indra Sjafri Ganti Cepat Firza Andika saat Hadapi Singapura

Kamis, 28 November 2019 23:06 WIB
Penulis: Arief Tirtana, Prabowo | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Dua pemain andalan Indra Sjafri, Firza Andika dan Muhamamd Rafli ditarik cepat saat Timnas Indonesia U-23 vs Singapura U-23 di SEA Games 2019, ini alasannya. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Dua pemain andalan Indra Sjafri, Firza Andika dan Muhamamd Rafli ditarik cepat saat Timnas Indonesia U-23 vs Singapura U-23 di SEA Games 2019, ini alasannya.

INDOSPORT.COM - Dua pemain andalan Indra Sjafri, Firza Andika dan Muhamamd Rafli ditarik cepat saat Timnas Indonesia U-23 vs Singapura U-23 di SEA Games 2019, ini alasannya.

Timnas Indonesia U-23 berhasil meraih kemenanngan pada pertandingan keduanya di grup B cabang olah raga sepak bola SEA Games 2019 melawan Singapura U-23.

Menang dengan skor meyakinkan 2-0, pertandingan melawan Singapura U-23 itu sempat diwarnai dengan kejadian tak biasa, ditarik keluarnya dua pemain andalan Timnas Indonesia U-23, Firza Andika dan Muhammad Rafli.

Firza dan Rafli yang selalu menjadi pilihan utama pelatih Indra Sjafri ditarik cepat. Rafli ditarik keluar pada pertengahan bbaak pertama, sementara Firza ditarik keluar tepat sebelum kick off babak kedua dimulai.

Usai pertandingan, pelatih Indra Sjafri pun menjelaskan alasannya menarik keluar pemain yang selalu menjadi pilihan utamanya di posisi bek kiri dan penyerang itu.

Menurut Indra Sjafri, Firza dan Rafli ditarik keluar bukan lantaran kebutuhan strategi. Namun lebih dikarenakan cedera yang keduanya alami pada babak pertama.

"Diganti bukan karena taktikal tapi karena ada cedera," tegas Indra Sjafri.

Menurut Indra Sjafri, pergantian Firza dan Rafli memang merugikan. Namun itu dilakukannya dengan pertimbangan yang sudah siapkan dnegan matang, demi hasil positif buat Timnas Indonesia secara keseluruhan.

"Sesulit apapun situasi kami lakukan respon yang baik dan positif untuk tim. Tentu itu semua sudah kami siapkan, jadi siapa yang ganti siapa. Rugi memang pergantian yang bukan taktikal," terang Indra Sjafri.

Beruntung memang, meski harus kehilangan dua pemain utama karena cedera, Indra Sjafri tetap bisa menerapkan strateginya dengan baik, berbekal pemain yang ada. 

Hingga akhirnya Asnawi Mangkualam dan Osvaldo Haay bisa mencetak gol di babak kedua untuk membawa Timnas Indonesia menang 2-0 atas Singapura U-23 di lanjutan pertandingan Grup B cabang olahraga sepak bola SEA Games 2019.