Liga Indonesia

Formasi yang Bisa Diterapkan Vincenzo Alberto Annese Jika Latih Timnas Indonesia

Jumat, 29 November 2019 15:55 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© INDOSPORT
Ilustrasi formasi Timnas Indonesia 4-3-3, jika dilatih Vincenzo Alberto Annese. Copyright: © INDOSPORT
Ilustrasi formasi Timnas Indonesia 4-3-3, jika dilatih Vincenzo Alberto Annese.

INDOSPORT.COM - Vincenzo Alberto Annese menyatakan minatnya untuk melatih Timnas Indonesia. Berikut formasi yang bisa dipakai Vincenzo Alberto Annese jika melatih Timnas Indonesia. 

Pelatih berkebangsaan Italia, Vincenzo Alberto Annese, menyatakan minatnya untuk melatih Timnas Indonesia. Apalagi sekarang kursi pelatih Timnas Indonesia sedang kosong. 

Simon McMenemy yang sebelumnya melatih skuat Garuda, kontraknya diputus oleh PSSI, dan Timnnas saat ini belum memiliki pelatih baru. 

Vincenzo Alberto Annese saat ini statusnya adalah pelatih Timnas Belize. Belize sendiri dalam dua bulan terakhir, ranking FIFA-nya selalu di atas Indonesia. 

Semenjak dilatih Vincenzo Alberto Annese, Belize memang konsisten peringkatnya di ranking FIFA.

Sayangnya, minat Vincenzo Alberto Annese belum tentu cukup untuk melatih Timnas Indonesia. Apalagi PSSI dikabarkan akan bertemu dengan dua pelatih ternama, Luis Milla dan Shin Tae-Young. 

Tapi bukan berarti Vincenzo Alberto Annese tak punya peluang. Jika akhirnya melatih Timnas Indonesia, berikut formasi yang bisa dipakai oleh Vincenzo Alberto Annese. 

4-3-3

Formasi 4-3-3 merupakan pakem yang sudah melekat dan sering digunakan oleh Vincenzo Alberto Annese, termasuk saat melatih PSIS Semarang. 

Formasi 4-3-3 juga sudah sering diterapkan beberapa pelatih di Timnas Indonesia. Pelatih seperti Ivan Kolev dan Luis Milla, sebelumnya pernah memakai formasi ini. 

Formasi 4-3-3 juga cocok dengan kultur sepak bola, dan karakter pemain Timnas Indonesia. 

5-4-1 

Vincenzo Alberto Annese merupakan pelatih asal Italia, dan Timnas Italia sejak dulu terkenal pertahanannya dalam sepak bola. 

Gaya bermain Catenaccio atau pertahanan gerendel yang terorganisir menjadi ciri khas Gli Azzuri. Vincenzo Alberto Annese sendiri bisa saja menerapkan formasi ini di Timnas Indonesia. 

Sebelumnya, saat masih melatih PSIS Semarang, Vincenzo Alberto Annese pernah memasang formasi 5-4-1 dan membuahkan kemenangan bagi Mahesa Jenar. 

Formasi 5-4-1 bisa menjadi opsi bagi Vincenzo Alberto Annese sebagai taktik yang bisa diterapkan olehnya jika melatih Timnas Indonesia