Liga Indonesia

Ikut Turnamen KIFC 2019, Persib U-16 Ditahan Imbang Wakil Malaysia

Jumat, 29 November 2019 15:20 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
© KIFC 2019
Pemain Persib U-16 berebut bola dengan pemain ‎Penang Sports School, saat laga perdana turnamen KIFC 2019 di Lapangan Progresif, Kota Bandung, Rabu (27/11/19). Copyright: © KIFC 2019
Pemain Persib U-16 berebut bola dengan pemain ‎Penang Sports School, saat laga perdana turnamen KIFC 2019 di Lapangan Progresif, Kota Bandung, Rabu (27/11/19).

INDOSPORT.COM - Persib U-16 gagal mengamankan poin penuh dalam laga perdana turnamen U-16 Kemenpora International Football Championship (KIFC) 2019, setelah ditahan imbang tim asal Malaysia, Penang Sports School, 1-1 di Lapangan Progresif, Kota Bandung, Rabu (27/11/19). 

Pada pertandingan tersebut, Persib U-16 unggul lebih dulu atas Penang Sports School di babak pertama. Gol tersebut dicetak oleh M. Valeroen pada menit ke-28 melalui sundulan memanfaatkan umpan silang Febrian. 

Penang Sports School lantas berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1, via Muhammad Haikal saat memasuki menit-menit akhir babak kedua. Skor tersebut, bertahan hingga berakhirnya pertandingan. 

Seusai pertandingan, pelatih Persib U-16, Imam Nurjaman, mengaku cukup puas dengan penampilan anak asuhnya. Walaupun, pada laga perdana KIFC 2019 tersebut timnya gagal meraih poin penuh. 

"Buat saya pribadi cukup puas melihat perkembangan anak-anak, tujuan kami bukan di sini tapi hanya acuan untuk perbaiki secara tim," kata Imam di Lapangan Progresif. 

Imam menambahkan, pada pertandingan tersebut anak asuhnya masih memiliki kekurangan yang harus dibenahi untuk menatap laga selanjutnya di KIFC 2019. Salah satunya, masalah penyelesaian akhir yang belum maksimal. 

"Kami harus lebih baik dalam finishing touch di depan belum efektif, belum bisa buat banyak gol dan kombinasi play," jelasnya. 

Sementara itu, turnamen yang diikuti 12 tim dari empat negara Asia Tenggara (Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand) ini dibuka secara resmi oleh Deputi III Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta

Menurut Isnata, turnamen ini sangat bergengsi, karena diikuti tim dari empat negara. Selain itu, peserta KIFC 2019 merupakan juara di ajang yang berbeda, sehingga persaingan akan semakin ketat. 

"Kegiatan ini adalah kompetisi pertama di Bandung, rencana digelar setiap tahun, cukup bergengsi karena mempertemukan yang terhebat di berbagai kompetisi, juga gak kalah gengsi Persib sebagai tuan rumah," ucap Raden Isnata. 

Selain itu, peserta turnamen KIFC 2019 diharapkan bisa saling berbagi ilmu dan pengalaman, karena ke-12 tim yang mengikuti ajang ini sudah sering berlaga di berbagai event.