Liga Inggris

Jadi Pengganti Unai Emery, Masa Kerja Pelatih Anyar Arsenal Hanya Seumur Jagung

Jumat, 29 November 2019 19:45 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Catherine Ivill/Getty Images
Unai Emery resmi dipecat dan digantikan Freddie Ljunberg di Arsenal. Sayang masa kerja pelatih anyar The Gunners hanya seumur jagung. Copyright: © Catherine Ivill/Getty Images
Unai Emery resmi dipecat dan digantikan Freddie Ljunberg di Arsenal. Sayang masa kerja pelatih anyar The Gunners hanya seumur jagung.

INDOSPORT.COM - Unai Emery telah resmi dipecat dari raksasa Liga Inggris, Arsenal dan digantikan oleh Freddie Ljunberg, Jumat (29/11/19). Meski demikian pelatih anyar Arsenal nampak hanya memiliki waktu kerja seumur jagung.

Ljuberg selaku pelatih baru The Gunners kabarnya hanya memiliki kurun waktu selama 12 minggu atau dengan kata lain empat bulan saja usai resmi menduduki kursi kepala pelatih.

Dilansir laman berita Mirror, hal ini sendiri dikarenakan Ljunberg belum memiliki lisensi kepelatihan pro UEFA. Alhasil pelatih asal Swedia itu hanya memiliki jangka waktu menukangi Arsenal di kompetisi Liga Inggris dan Liga Europa hingga bulan Februari 2020 mendatang.

Ljunberg sendiri baru saja menyelesaikan beberapa rangkaian pelajaran kepelatihan Asosiasi Sepak Bola Wales (FAW), yang notebene merupakan salah satu program unggulan. Pihak FAW kabarnya telah membuka peluang agar pelatih berusia 42 tahun bisa segera resmi mendapat lisensi pro jika ingin memperpanjang masa kerjanya.

Terlepas dari itu pemecatan Emery terbilang sudah tidak dapat terelakan lagi. Bagaimana tidak, selama ditukangi pelatih asal Spanyol itu, Arsenal memiliki catatan rekor yang buruk dalam 27 tahun terakhir tepatnya sejak tahun 1992.

Sepanjang bergulirnya Liga Inggris musim ini Arsenal terbilang gagal usai hanya mampu empat kali menang, enam kali seri, dan sisanya kekalahan dalam 13 pertandingan. Pada laga Liga Europa terkahir kekalahan 1-2 atas Eintracht Frankfurt, Jumat (29/11/19), telah menjadi tanda akhir karirnya.

Berbagai fans pun memberikan sinyal berupa tulisan Emery Out atau pengusiran usai laga itu. Pihak manajemen Arsenal langsung memberikan tindakan cepat dengan memecat sang pelatih dengan harapan bisa memperbaiki tim di sisa musim.    

Tak ayal pemecatan ini membuat Emery hanya mendapat jatah melatih klub Liga Inggris Arsenal selama 18 bulan semenjak menggantikan Arsene Wenger pada musim panas 2018 lalu.