Liga Indonesia

Tak Tertandingi di Liga 1, Saatnya Stefano Cugurra Melatih Timnas Indonesia

Sabtu, 30 November 2019 15:38 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© INDOSPORT/Nofik Lukman Hakim
PSSI punya pilihan lain sebagai sosok calon pelatih Timnas Indonesia. Berbekal pengalaman dan prestasi di persepak bolaan nasional, sosok Stefano Cugurra Teco layak masuk sebagai kandidat, selain Luis Milla dan Shin Tae-yong. Copyright: © INDOSPORT/Nofik Lukman Hakim
PSSI punya pilihan lain sebagai sosok calon pelatih Timnas Indonesia. Berbekal pengalaman dan prestasi di persepak bolaan nasional, sosok Stefano Cugurra Teco layak masuk sebagai kandidat, selain Luis Milla dan Shin Tae-yong.

INDOSPORT.COM - PSSI punya pilihan lain sebagai sosok calon pelatih Timnas Indonesia. Berbekal pengalaman dan prestasi di persepak bolaan nasional, sosok pelatih klub Liga 1 Bali United, Stefano Cugurra Teco, layak masuk sebagai kandidat, selain Luis Milla dan Shin Tae-yong.

Tak perlu meragukan sosok Teco. Tiga musim memegang klub Liga 1, Teco selalu menghadirkan prestasi. Persija dibawanya menjadi juara Liga 1 serta Piala Presiden 2018. 

Musim ini, Teco tinggal menunggu waktu untuk mengangkat piala lagi bersama Bali United. Dari 29 laga di Shopee Liga 1, Bali United mencatatkan 18 kemenangan, enam hasil imbang serta hanya kalah lima kali.

Bali United dengan koleksi 60 poin unggul 15 poin atas Borneo FC yang ada di peringkat kedua. Margin poin ini menjadi yang terbanyak sepanjang sejarah kompetisi penuh di Indonesia. Bahkan, dalam dua musim terakhir, juara baru ketahuan pada partai pamungkas.

Teco pun tak menampik punya hasrat menjadi pelatih kepala Timnas Indoesia. Dalam kariernya, Teco juga pernah menjadi pelatih fisik Timnas Brasil U-17. Sangat menarik jika kemudian dapat kesempatan membesut tim Garuda.

"Soal Timnas, kita harus selesaikan dulu di Bali United. Kita harus juara di Bali dulu, baru kemudian kita lihat. Saya tahu Simon sudah keluar, mungkin ada kesempatan buat pelatih baru sekarang. Mereka harus pikir buat tidak salah.

Waktu ada kesempatan, saya pasti bangga bisa kerja di Timnas, bisa bantu," ucap Teco usai memimpin latihan di Lapagan Samudra, Legian, Badung, Jumat (30/11/19).

Teco sudah paham peta kekuatan sepak bola Indonesia, termasuk data base pemain. Sebelum meraih prestasi di Persija dan Bali United, Dia juga pernah meraih tiga gelar saat jadi pelatih fisik Persebaya Surabaya.

Piala Dunia U-20 2021 sangat menarik bagi Teco. Dia melihat ajang ini penting buat sepak bola Indonesia agar lebih maju ke depannya.

"Siapa pun yang pegang tim ini harus punya program bagus, buat punya prestasi di Piala Dunia," tutur Teco.

PSSI sendiri hingga kini belum memutuskan siapa yang akan membesut Timnas. Sejauh ini PSSI sudah bertemu dengan pelatih asal Spanyol, Luis Milla serta pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong. Terbuka peluang bagi kandidat lain menukangi Timnas.