Liga Spanyol

Selamat Ulang Tahun, Barcelona! Klub Spesialis Pencetak Pemain Fenomenal

Sabtu, 30 November 2019 16:47 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© FootballPicture.net
Klub Laliga Spanyol, Barcelona baru saja merayakan hari ulang tahunnya yang ke-120. Copyright: © FootballPicture.net
Klub Laliga Spanyol, Barcelona baru saja merayakan hari ulang tahunnya yang ke-120.

INDOSPORT.COM – Klub LaLiga Spanyol, Barcelona baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-120 tahun. Sebuah usia yang tidak muda lagi, apalagi untuk sebuah klub sepak bola.

Sejarah Barcelona adalah sejarah panjang bangsa Catalunya itu sendiri. Di luar lapangan, Barcelona adalah simbol  perjuangan kemerdekaan Catalunya. Oleh sebab itu, Barcelona dipandang sebagai lebih dari sekadar klub atau dalam istilah mereka disebut ‘mes que un club’.

Blaugrana adalah klub tersukses nomor 6 dalam sejarah sepak bola dunia. Dengan raihan 91 trofi, mereka hanya kalah dari Glasgow Celtic, Atletico Penarol, Club Nacional de Football, Glasgow Rangers, dan Al Ahly yang berhasil mengangkat trofi lebih banyak.

Di LaLiga Spanyol, mereka bersaing ketat dengan Real Madrid dan mungkin kalah dalam raihan trofi LaLiga Spanyol dan kompetisi kontinental antarklub, tapi Barcelona bisa menyombongkan diri sebagai satu-satunya klub yang bisa meraih 2 kali treble, pada musim 2008-2009 dan 2014-2015.

Tidak ada satu pun akademi di dunia yang bisa menghasilkan pemain-pemain fenomenal seperti Lionel Messi, Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Carles Puyol, Sergio Busquets, dan Pep Guardiola. Pemain-pemain yang mungkin hanya muncul setiap beberapa tahun sekali.

Dilansir dari givemesport, di usianya yang ke-120 tahun, Barcelona sekarang sedang mengalami masa krisis. Di bawah Ernesto Valverde, mereka kehilangan identitas permainan yang telah menjadi trademark Barcelona selama bertahun-tahun.

Dan walaupun sekarang berada di peringkat 1 klasemen sementara LaLiga Spanyol, agaknya Barcelona akan kesulitan dan harus berjuang lebih keras menjadi kampiun musim ini. Poin mereka sama persis dengan Real Madrid, dan hanya unggul selisih gol saja.

Bagaimanapun kondisimu sekarang, selamat ulang tahun Barcelona! Semoga selalu ada pemain fenomenal yang akan muncul dari sana lagi.

Setelah era Lionel Messi, para pencinta sepak bola Liga Spanyol dan bahkan dunia berharap akan ada sosok yang dapat menjadi ikon baru klub yang berdiri sejak tahun 1899 tersebut.

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%