Liga Indonesia

5 Fakta Rahasia yang Terbongkar Usai Bali United Meraih Gelar Juara Liga 1 2019

Senin, 2 Desember 2019 19:03 WIB
Editor: Juni Adi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Bali United sukses meraih kemenangan atas Semen Padang di laga lanjutan Liga 1 2019 pekan ke-30 pada Senin (02/12/19) sore WIB. Usai pertandingan terdapat sejumlah fakta menarik.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Haji Agus Salim, Padang, itu Bali United menang dengan skor 2-0. Ilija Spasojevic jadi bintang lapangan berkat sumbangan dua golnya.

Sama-sama mengincar kemenangan, membuat kedua tim sangat bermain hati-hati di sepanjang babak pertama, hingga tidak melahirkan gol.

Baru di babak kedua kebuntuan pecah. Bali United unggul lebih dahulu melalui gol Spaso menit ke-51. Semen Padang sempat memberikan ancaman ke gawang Wawan Hendrawan, namun upanya masih belum menemui sasaran.

Lima menit jelang laga bubaran, Bali United justrus berhasil menggandakan keunggulannya. Spaso kembali mencetak gol setelah mendapat assist dari Brwa Nouri menit ke-85. Skor 2-0 bertahan hingga laga tuntas.

Bagi Bali United, hasil pertandingan ini terasa spesial lantaran mereka dipastikan juga keluar sebagai juara Liga 1 2019, setelah raihan poin Serdadu Tridatu tak mampu dilampaui oleh para pesaingnya.

Mereka saat ini mengumpulkan 63 poin, unggul 17 poin dari Borneo FC di peringkat ke-2 dan 19 poin dari Persipura di posisi ke-3. Berikut beberapa fakta menarik usai Bali United memastikan gelar juara Liga 1 2019:

1. Gelar Pertama Bali United

Sejak pertama kali menancapkan kukunya di sepak bola Indonesia tahun 2015 lalu menggantikan Persisam Putra Samarinda, Bali United menjelma jadi tim tangguh penuh bintang.

Bahkan, di edisi pertama era Liga 1 tahun 2017 lalu mereka langsung bisa bersaing menjadi gelar juara. Sayang, di akhir-akhir kompetisi mereka ditikung oleh Bhayangkara FC yang keluar menjadi yang terbaik.

Namun, kegagalan itu berhasil mereka tebut di tahun 2019 ini. Ini merupakan gelar liga domestik pertama bagi Bali United, dan juga gelar liga kasta tertinggi pertama bagi klub asal Bali.

2. Pelatih Asing Pertama Back to Back Juara

Stefano Cugurra Teco berhasil menorehkan sejarah baru dalam kariernya di sepak bola Indonesia, yakni menjadi pelatih asing pertama yang mampu membawa sebuah tim meraih gelar juara Liga 1 beruntun.

Sebelumnya, ia membawa Persija Jakarta meraih gelara juara Liga 1 2018 lalu. Dan kini ia mengulanginya bersama Bali United.

3. Pemain yang Meraih Back to Back Juara

Selain pelatih, ada juga beberapa pemain yang berhasil meraih back to back juara Liga 1. Tercatat ada sekitar tiga pemain yakni Gunawan Dwi Cahyo, Michael Orah dan Anan Lestaluhu. Ketiga pemain ini sebelumnya berhasil membantu Persija meraih gelar juara Liga 1 musim 2018 lalu. 

4. Meneruskan Tradisi Tak Ada Tim Juara Beruntun

Dengan lahirnya Bali United sebagai juara Liga 1 2019, itu artinya mereka meneruskan tren tak ada satupun klub Liga Indonesia yang bisa juara secara beruntun. Seperti diketahui sejak musim 2008-2009, jaura di Liga Indonesia selalu berganti tim.

5. Tampil di Level Asia

Selain trofi, satu kado lainnya yang juga di kantongi Bali United usai meraih gelar juara Liga 1 adalah tiket tampil di kompetisi utama antar klub di Benua Kuning, Liga Champions Asia musim depan.

Sebelumnya, mereka juga pernah tampil di level Asia yakni Piala AFC 2018, setelah gagal di play off Liga Champions Asia 2018. Di Piala AFC 2018, Bali United langkahnya terhenti sampai di fase grup.