Liga Indonesia

3 Striker Benua Afrika Ini Bisa Ditengok Persik Kediri untuk Bersaing di Liga 1

Selasa, 3 Desember 2019 17:05 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Indra Citra Sena
© INDOSPORT.COM
Sedikitnya ada tiga striker asal Benua Afrika yang dapat ditengok Persik Kediri setelah resmi naik kasta ke Liga 1 2020. Copyright: © INDOSPORT.COM
Sedikitnya ada tiga striker asal Benua Afrika yang dapat ditengok Persik Kediri setelah resmi naik kasta ke Liga 1 2020.

INDOSPORT.COM - Sedikitnya ada tiga striker asal Benua Afrika yang dapat ditengok Persik Kediri setelah resmi naik kasta ke Liga 1 2020.

Persik mampu naik kasta setelah tampil di final dan menjuarai Liga 2 2019. Lebih istimewa lagi, mereka juga meraih trofi usai musim lalu memenangi Liga 3 2018.

Mereka terakhir kali tampil di kasta teratas pada 2014. Kemudian di 2015, Persik Kediri harus terdegradasi setelah mengalami masalah keuangan.

Macan Putih saat ini diketahui tengah meliburkan seluruh jajaran yang telah berjibaku di Liga 2 2019. Mereka diberi istirahat sejenak.

Rencananya Liga 1 dan Liga 2 akan dimulai Maret 2020, namun masih bisa berubah lagi berdasarkan pernyataan dari Dirut PT Liga Indonesia baru (LIB), Dirk Soplanit.

Tak ada salahnya Persik harus segera merancang tim agar siap sedia dalam bertarung di Liga 1 musim depan. Terlebih mereka sudah bisa merekrut pemain asing.

Berdasarkan regulasi, klub Liga 1 boleh mengontrak empat pemain asing (tiga non-Asia dan satu dari Asia). Meski begitu aturan ini tidak mengikat.

Dengan demikian, tak ada salahnya bagi Persik untuk mengikat deretan striker Benua Afrika dalam mengarungi ketatnya 38 pertandingan Liga 1 2020.

1. Wilfried Yessoh

© Kesuma Ramadhan/INDOSPORT
Wilfried Yessoh sedang mengontrol bola dalam latihan PSMS Medan Copyright: Kesuma Ramadhan/INDOSPORTWilfried Yessoh sedang mengontrol bola dalam latihan PSMS Medan.

Striker dari benua Afrika pertama yang bisa ditengok oleh Persik setelah naik ke Liga 1 adalah Wilfried Yessoh asal Pantai Gading (Cote d'Ivoire).

Wilfried sempat bermain untuk PSMS Medan pada putaran pertama Liga 1 2018 usai membuat tiga gol dan empat assist dari 16 pertandingan.

Lalu Wilfried dipinang oleh Enppi SC (Iraq) dan hanya bertahan pada putaran pertama juga. Kini dirinya tak memiliki klub.

2. Mamadou Samassa

© Sudjarwo/INDOSPORT
Striker Persipura Jayapura asal Mali, Mamadou Samassa Copyright: Sudjarwo/INDOSPORTStriker Persipura Jayapura asal Mali, Mamadou Samassa.

Jika Persik ingin mencari striker benua Eropa sarat pengalaman di Liga 1 tak ada salahnya untuk menengok ke penyerang Persipura Jayapura, Mamadou Samassa.

Sebab Samassa sudah dua musim bermain di Liga 1, tepatnya pada 2018 bersama Madura United dan 2019 untuk Persipura Jayapura.

Pemain kelahiran Mali 33 tahun ini diketahui memiliki kontrak hingga akhir Desember 2019. Maka tak ada salahnya untuk memasukan Mamadou Samassa sebagai opsi.

3. Aguinaldo

© Facebook/Aguinaldo Policarpo Mendes Da Veiga
Pemain asal benua Afrika Aguinaldo Policarpo Mendes Veiga. Copyright: Facebook/Aguinaldo Policarpo Mendes Da VeigaPemain asal benua Afrika Aguinaldo Policarpo Mendes Veiga.

Selanjutnya ada pemain dari benua Afrika yang bernama Aguinaldo (Angola) yang juga bisa ditengok sedikit oleh Persik Kediri usai promosi ke Liga 1.

Aguinaldo saat ini diketahui kontraknya telah habis bersama klub Liga Primer Malaysia Sabah FA sejak 30 November 2019 berdasarkan situs Transfermarkt.

Aguinaldo juga tak asing dengan sepak bola Asia, lantaran sempat bermain untuk beberapa klub seperti Al-Mesaimeer (Qatar), Ubon UMT Utd (Thailand), hingga Sabah FA (Malaysia).