Liga Indonesia

Mepet, Peralatan Penunjang PON XX Direncanakan Tiba di Papua Juli 2020

Selasa, 3 Desember 2019 11:15 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Wikipedia
Logo Pekan Olahraga Nasional (PON). Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Wikipedia
Logo Pekan Olahraga Nasional (PON).

INDOSPORT.COM - Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional memastikan bahwa peralatan penunjang PON XX Papua sudah tidak lagi menjadi persoalan. Hal ini sudah difinalisasi dalam rapat koordinasi yang digelar bersama Kemenpora di Serpong, Minggu (1/12/19).

Wakil Ketua Harian PB PON, Yusuf Yambe Yabdi, mengaku pembahasan soal peralatan penunjang serta sarana-prasarana PON XX Papua sudah final, setelah adanya pengalokasian dana dari pihak Kemenpora yang berasal dari APBN.

"Pemabahasan itu sudah selesai. Dari Kemenpora sudah mengalokasikan dana sebesar Rp191 miliar untuk mendukung peralatan PON dan Peparnas 2019," ungkap Yusuf Yambe kepada wartawan olahraga di Jayapura, Senin (2/12/19).

Pihaknya kini tinggal membagi pengalokasian dana tersebut. Mana yang menjadi tanggung jawab Kemenpora dan juga penganggaran APBD berkaitan dengan penyelenggaraan PON XX Papua 2020.

"Untuk APBD kita sedang menyiapkan strategi untuk bagaimana kami bisa menyusunnya. Kemenpora berencana mendatangkan peralatan di Jayapura dan di masing-masing cluster pada Juli 2020," jelasnya.

Namun, jika saja proses tersebut nantinya tidak bisa berjalan sesuai rencana dan merujuk pada ketersediaan waktu yang ada, maka pihaknya akan menyusun laporan kepada Gubernur Papua untuk disampaikan kepada Presiden RI guna meminta kebijakan khusus.

"Saya normatif saja, karena setelah melakukan pemetaan ada potensi peralatan yang di APBD kemungkinan terlambat. Oleh sebab itu, kami akan menyampaikan kondisi ini dan ini merupakan urusan kita bersama untuk bagaimana supaya PON tetap jadi," bebernya.

Kendati begitu, Yusuf Yambe Yabdi mengaku tetap optimistis semua yang direncanakan terkait PON XX Papua 2020 bisa berjalan lancar dengan adanya keterlibatan banyak pihak.