In-depth

Ketat dengan Thailand, Ini Hitung-hitungan Peluang Lolos Timnas Indonesia U-23 dari Grup B SEA Games

Rabu, 4 Desember 2019 08:29 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang lolos yang besar usai menangan telak 8-0 atas Brunei di matchday keempat Grup B SEA Games 2019. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Timnas Indonesia U-23 memiliki peluang lolos yang besar usai menangan telak 8-0 atas Brunei di matchday keempat Grup B SEA Games 2019.

INDOSPORT.COM - Menghitung peluang lolos Timnas Indonesia U-23 usai usai kemenangan besar 8-0 atas Brunei di matchday keempat Grup B SEA Games 2019

Timnas Indonesia sukses kembali ke persaingan lolos Grup B Sea Games 2019 usai menang besar 8-0 atas Brunei Darussalam di matchday keempat Grup B cabang sepak bola SEA Games 2019, Minggu (01/12/19). 

Menghadapi tim terlemah di grup,  Tim Indonesia U-23 tampil mendominasi sejak awal pertandingan. Timnas Indonesia U-23 sendiri menampilkan permainan menyerang sejak awal pertandingan.

Hasilnya, anak asuh Indra Sjafri menang dengan skor telak 8-0. Striker Persebaya, Osvaldo Haay menjadi bintang dengan mencetak hattrick di laga ini

Kemenangan telak ini pun menjadi penting bagi Timnas Indonesia U-23. Pasalnya, dengan tambahan delapan gol, selisih gol Indonesia mampu melebihi milik Thailand. 

Indonesia merangsek ke posisi kedua mengoleksi 9 poin dengan selisih gol 10. Sementara Thailand yang juga menang 2-0 atas Laos turun ke posisi ketiga dengan selisih gol sebanyak 11 dengan koleksi 9 poin. 

Sementara itu, Vietnam bertengger di posisi puncak dengan 12 poin. Baik Indonesia, Vietnam, dan Thailand masih bersaing memperebutkan dua tiket semifinal di laga terakhir. 

Di laga pamungkas ini Indonesia akan melawan Laos sementara Thailand akan menantang Vietnam, Kamis (05/11/19).

Untuk memastikan lolos, ada beberapa skenario yang bisa dijalani Indonesia. Skenario pertama, Indonesia diharuskan menang atas Laos. Tak sekedar menang biasa, Indonesia pun diharapkan mampu mencetak cukup banyak gol. 

Pasalnya, babak Grup B SEA Games menggunakan sistem selisih gol dalam menentukan posisi di klasemen. Jika Thailand sanggup mengalahkan Vietnam dan Indonesia menang atas Laos, maka selisih gol jadi penentu. 

Saat ini Indonesia memiliki selisih gol +11, Vietnam +13 dan Thailand +10. Untuk mengamankan posisi runner-up, untungnya peluang Indonesia cukup besar. 

Sebab, lawan Indonesia, Laos, di atas kertas jauh lebih mudah ketimbang lawan yang dihadapi Thailand, yakni pemuncak klasemen Vietnam. Kemenangan 2-0 atas Laos harusnya sudah cukup aman meloloskan Indonesia ke semifinal. 

Selain skenario di atas, ada lagi skenario yang lebih mudah untuk Timnas Indonesia U-23. Indonesia cukup meraih hasil imbang atas Laos asalkan Vietnam dan Thailand juga bermain imbang.