Liga Europa

Ahli Data Analytic Prediksi Liverpool Bakal Juara Liga Europa

Kamis, 5 Desember 2019 16:09 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Isman Fadil
© Geert van Erven/Soccrates/Getty Images
Liverpool diprediksi tidak akan melaju ke fase gugur Liga Champions dan terlempar ke Liga Europa musim ini. Copyright: © Geert van Erven/Soccrates/Getty Images
Liverpool diprediksi tidak akan melaju ke fase gugur Liga Champions dan terlempar ke Liga Europa musim ini.

INDOSPORT.COM – Sekumpulan ahli yang tergabung dalam sebuah situs analisis data bernama FiveThirtyEight memprediksi bahwa Liverpool akan menjuarai kompetisi sepak bola Liga Europa 2019-2020.

Prediksi tersebut tentu sangat mengejutkan mengingat musim ini Liverpool berlaga di pentas Liga Champions yang merupakan kompetisi antar klub elite Benua Eropa.

Saat ini Liverpool memang masih berada di puncak klasemen sementara Grup E Liga Champions dengan koleksi 10 poin dari lima pertandingan. Namun, The Reds bisa saja terlempar ke Liga Europa jika gagal mengakhiri fase grup di posisi dua besar.

FiveThirtyEight yang didirikan oleh seorang pakar analisis bernama Nate Silver memprediksi Liverpool hanya akan menempati peringkat tiga klasemen akhir Grup E, yang artinya tim besutan Jurgen Klopp itu akan turun kasta ke Liga Europa.

Nate Silver yang juga pernah memprediksi hasil pemilihan presiden Amerika Serikat pun memberikan prediksinya jika Liverpool benar-benar terlempar ke Liga Europa.

Dilansir dari laman sepak bola internasional 90 Minute, Silver memberikan peluang sebesar 14 persen kepada Liverpool untuk melaju ke partai final Liga Europa musim ini. Selain itu, The Reds juga punya peluang sebesar 10 persen untuk memenangi kompetisi yang dulu dikenal dengan Piala UEFA tersebut.

Silver juga membeberkan bahwa Liverpool punya peluang paling besar untuk menjadi juara ketimbang klub-klub lain yang juga menjadi kandiat peraih gelar Liga Europa musim ini.

Liverpool memiliki kans menjadi juara lebih besar dibanding Bayer Leverkusen (13%, 8%) yang juga diprediksi bakal turun kasta ke Liga Europa. Selain itu, The Reds juga lebih dijagokan ketimbang kontestan Liga Europa lainnya, seperti Sevilla dan Manchester United (13%, 7%).

Meskipun hanya sebuah prediksi, namun apa yang diungkapkan Nate Silver bersama ahli lainnya di FiveThirtyEight bisa saja menjadi kenyataan jika Liverpool akhirnya hanya mampu menempati peringkat tiga klasemen akhir Grup E Liga Champions, sehingga harus terlempar ke Liga Europa.

Liverpool sendiri akan melawat ke markas Red Bull Salzburg pada matchday terakhir fase grup Liga Champions, Rabu (11/12/19) pekan depan. Jika The Reds kalah telak dari tuan rumah sementara di laga lain Napoli menang atas Genk, maka mereka bisa saja turun kasta ke Liga Europa karena hanya menempati posisi tiga klasemen akhir Grup E.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%