Liga Indonesia

Hitung-hitungan Degradasi Liga 1 2019, Persija Jakarta Bisa Terancam

Kamis, 5 Desember 2019 17:14 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain Persija Jakarta merayakan kemenagan atas PSIS Semarang pada pertandingan Liga 1 di Stadion Patriot Bekasi, Minggu (15/09/19). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain Persija Jakarta merayakan kemenagan atas PSIS Semarang pada pertandingan Liga 1 di Stadion Patriot Bekasi, Minggu (15/09/19).

INDOSPORT.COM – Kompetisi Liga 1 2019 tinggal menyisakan empat pertandingan lagi. Persaingan tim papan bawah semakin memanas untuk mempertahankan posisinya di kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

Ada tiga klub yang masih menghuni zona degradasi di klasemen sementara Liga 1 2019, yakni Badak Lampung (peringkat ke-16), Kalteng Putra (ke-17), dan Semen Padang (ke-18).

Badak Lampung dan Kalteng Putra sama-sama mengoleksi 30 poin. Sedangkan Semen Padang hanya mampu mengumpulkan 28 poin hingga pekan ke-30 Liga 1 2019.

Ketiga tim itu nyatanya masih berpeluang keluar dari zona merah Liga 1 2019. Meski cukup sulit bagi Semen Padang, namun mereka masih punya kesempatan bertahan di kompetisi paling bergengsi di Indonesia ini.

Namun Semen Padang wajib menyelesaikan empat pertandingan sisa dengan kemenangan penuh. Selain itu, mereka juga harus berharap agar tim yang berada di atasnya menelan kekalahan hingga pekan ke-34.

Apabila Kabau Sirah masih punya peluang keluar dari zona degradasi, maka Kalteng Putra dan Badak Lampung tentunya juga demikian. Namun keduanya harus bergantung pada hasil yang diraih Persela Lamongan, PSIS Semarang, Barito Putera, bahkan Persija Jakarta dan Tira Persikabo.

Apabila empat tim tersebut menuai kekalahan beruntun di sisa kompetisi, lalu Badak Lampung, Kalteng Putra, dan Semen Padang meraih kemenangan, maka tiga tim yang menghuni zona degradasi bakal bertahan di Liga 1.

Laga antara Semen Padang vs Bali United, Senin (02/12/19). Copyright: Instagram@baliunitedfcLaga Liga 1 2019 antara Semen Padang vs Bali United, Senin (02/12/19).

Pada pekan ke-31 Liga 1 2019, ada dua laga yang bisa menghambat lajunya Persija dan Barito Putera. Karena kedua tim tersebut akan bertemu dengan dua penghuni zona degradasi Badak Lampung (vs Persija) dan Semen Padang (vs Barito Putera).

Ini menjadi kesempatan yang sangat baik untuk tim yang berada di zona merah. Karena bukan ide baik jika menaruh harapan kepada klub lain untuk mengalahkan Persija dan Barito Putera.

Sekedar informasi, Persija (posisi ke-12) dan Tira Persikabo (ke-11) sudah mengoleksi 38 poin. Jika mereka menelan kekalahan beruntun di sisa Liga 1 2019 ini, dan enam tim di bawahnya selalu menang, maka posisinya bisa terancam.

Sedangkan di posisi ke-13 dan 14 ada Barito Putera serta PSIS yang sama-sama mengoleksi 37 poin. Sementara di atas satu strip zona merah Liga 1 2019, ada Persela yang mengumpulkan 34 poin.

Jika peringkat 11 (Persija) dan 12 (Persikabo) saja masih bisa terancam, maka posisi Barito Putera, PSIS, serta Persela, masih belum aman jika ketiganya tak menorehkan kemenangan di sisa kompetisi.

Sejumlah klub memang harus tampil konsisten agar bisa terhindar, setidaknya dalam empat pertandingan sisa Liga 1 2019 ini. Satu kesalahan pun bisa membuat mereka terdegradasi ke kasta kedua sepak bola Indonesia.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
50%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
25%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
25%