Bola Internasional

3 Pemain Myanmar U-23 yang Patut Diwaspadai Timnas U-23 di SEA Games 2019

Jumat, 6 Desember 2019 15:22 WIB
Editor: Juni Adi
© Facebook.com/myanmarfootballfederation
Timnas sepak bola Myanmar saat tampil di SEA Games 2019. Copyright: © Facebook.com/myanmarfootballfederation
Timnas sepak bola Myanmar saat tampil di SEA Games 2019.

INDOSPORT.COM - Sedikitnya ada tiga pemain Myanmar yang patut diwaspadai oleh Timnas Indonesia U-23 jelang semifinal SEA Games 2019.

Timnas Indonesia U-23 memastikan diri melaju ke partai semifinal cabang olahraga sepak bola SEA Games 2019, setelah menang 4-0 atas Laos pada Kamis (05/12/19) kemarin, di Stadion City of Imus Grandstand, Imus, Filipina.

Masing-masing gol dicetak oleh Saddil Ramdani menit ke-5, Osvaldo Haay menit ke-47, Bagas Adi menit ke-72 (penalti) dan Osvaldo Haay lagi di menit ke-90+4.

Dengan hasil pertandingan itu Timnas Indonesia U-23 lolos ke babak empat besar, dengan status runner-up grup B berkat koleksi 12 poin, berselisih satu angka dari Vietnam yang menjadi juara grup dengan 13 poin.

Di semifinal, Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Myanmar pada Sabtu (07/12/19) mendatang, di Stadion Rizal Memorial Stadium, Filipina.

Tim besutan pelatih Velizar Popov itu lolos dengan status juara grup A, setelah mengoleksi 10 poin dari empat pertandingan yang sudah dilakoni. Mereka unggul 3 angka dari para pesaing terdekatnya Kamboja (2) dan Filipina (3).

Itu artinya, Myanmar akan bisa menjadi lawan tangguh Timnas Indonesia U-23 selanjutnya. Apalagi tim berjuluk Macan Asia itu sejauh ini belum terkalahkan (3 menang,1 imbang) di SEA Games 2019.

Faktor lain yang bisa membuat Myanmar berbahaya adalah, mereka kini dihuni beberapa talenta muda dengan kualitas yang cukup baik, sehingga patut diwaspadai oleh barisan belakang Timnas Indonesia U-23. Siapa saja mereka?

1. Aung Kaung Mann

Aung Kaung Mann adalah salah satu pemain Myanmar paling berbahaya saat ini di SEA Games 2019. Berposisi sebagai striker, ia membuktikan kualitasnya dengan sudah mencetak 3 gol, dan masuk dalam daftar jajaran top skor sementara.

Selain tajam di depan kotak penalti lawan, Aung Kaung juga punya kelebihan lain yaitu penempatan posisi yang bagus. Dua dari tiga gol yang dicetaknya itu, berasal dari open play dan kecerdikannya mencari posisi di kotak penalti.

Tak heran jika dirinya menjadi jajaran top skor, sejajar dengan Egy Maulana Vikri yang juga baru mencetak 3 gol. Akan jadi malapetakan jika Aung Kaung tak diberi penjagaan khusus oleh para bek Timnas Indonesia U-23.

2. Hlaing Bo Bo

Selain depan, sektor tengah Myanmar juga patut diwaspadai karena mereka punya gelandang berpengalaman yakni Hlaing Bo Bo. Pemain berusia 23 tahun itu sudah kerap malang melintang di timnas Myanmar senior maupun U-23.

Selayaknya Evan Dimas di Timnas Indonesia, Hlaing Bo Bo juga punya kualitas yang tak kalah dari gelandang-gelandang Skuat Garuda Muda. 

Dalam empat penampilan yang sudah dilakoni, Bo Bo sudah menyumbang satu gol. Meski tidak banyak, namun kehadirannya sangat vital. Selain itu, dengan ban kapten yang diembannya saat ini, ia juga punya kelebihan dapat memotivasi rekan-rekannya untuk tampil spartan.

3. Lwin Moe Aung

Nama selanjutnya yang layak diwaspadai adalah Lwin Moe Aung. Winger Myanmar berusia 19 tahun itu mempunyai kelebihan dalam hal kecepatan, yang bisa membahayakan sektor pertahanan Timnas Indonesia U-23. 

Hal itu juga diakui oleh salah satu gelandang Skuat Garuda, Zulfiandi yang sangat mewaspadai sektor sayap Maynmar di semifinal nanti.

"Saya mewaspadai wing-wing mereka. Mereka main cepat dan ngotot. Kita jangan mau kalah," kata Zulfiandi. 

Sejauh ini, Lwin Moe Aung sudah menyumbang satu gol. Pundi-pundi golnya berpeluang nambah dan mengantarkan Myanmar ke final SEA Games 2019 cabor sepak bola, jika ia diberikan kebebasan dan tak dijaga ketat oleh para pemain Timnas Indonesia U-23

IDS Emoticon Suka
Suka
17%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
50%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
33%