Bola Internasional

SEA Games 2019: Media Vietnam Sebut Osvaldo Legenda Timnas Indonesia

Minggu, 8 Desember 2019 15:42 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Osvaldo Haay tampil apik bersama Timnas Indonesia U-23 sepanjang tahun 2019. Kontribusinya untuk Garuda Muda membuatnya disebut-sebut sebagai calon legenda. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Osvaldo Haay tampil apik bersama Timnas Indonesia U-23 sepanjang tahun 2019. Kontribusinya untuk Garuda Muda membuatnya disebut-sebut sebagai calon legenda.

INDOSPORT.COMOsvaldo Haay tampil apik bersama Timnas Indonesia U-23 sepanjang SEA Games 2019. Kontribusinya untuk Garuda Muda membuatnya disebut-sebut sebagai calon legenda Timnas oleh media asal Vietnam, Zing, pada Minggu (8/12/19).

Hingga babak semifinal SEA Games 2019, Osvaldo Haay telah membukukan delapan gol dari lima pertandingan. Pemain berusia 22 tahun itu kini berbagi puncak klasemen top skorer bersama pemain asal Vietnam, Ha Duc Chinh.

Delapan gol itu pun menyamai torehan legenda Timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto. 'Si Kurus' juga mencetak jumlah gol yang sama dengan Osvaldo di SEA Games. Namun, ia menciptakan delapan gol tersebut dalam dalam dua edisi SEA Games, yakni 1995 dan 1997.

Osvaldo berpeluang menjadi top skorer SEA Games 2019 jika berhasil mencetak gol ke gawang Vietnam di partai puncak, Selasa (10/12/19). Namun, Osvaldo sendiri mengaku lebih ingin mementingkan medali emas untuk Indonesia.

“Bagi saya, mencetak gol ke gawang Vietnam di babak final tidak terlalu penting. Saya mementingkan tujuan Timnas Indonesia U-23, dimana kami semua ingin membawa pulang medali emas dari cabang sepak bola,” ucap Osvaldo dikutip dari Zing.

Sebagai persiapan melawan Vietnam, Osvaldo tidak ingin menaruh fokus hanya kepada pemain bintang. Penyerang milik klub Persebaya Surabaya itu menilai bahwa Vietnam memiliki banyak pemain dengan kekuatan yang merata.

Sebelum tampil apik di SEA Games 2019, Osvaldo sendiri juga mencuri perhatian di ajang Piala AFF U-22 2019, Februari 2019 lalu. Ia mencetak gol penentu kemenangan Indonesia di partai puncak kala menghadapi Thailand.

Dalam 33 penampilannya bersama Timnas Indonesia U-23, Osvaldo Haay telah mencetak 11 gol. Dengan potensi yang dimilikinya, ia pun dinilai bisa jauh melampaui capaian Kurniawan Dwi Yulianto, yang kini menjadi asisten Timnas Indonesia U-23.