Liga Indonesia

3 Pemain Muda yang Bisa Dibawa Indra Sjafri ke Timnas Indonesia Senior

Senin, 9 Desember 2019 19:00 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Grafis: Yanto/Indosport.com
3 Pemain muda yang bisa dibawa Indra Sjafri ke Timnas Indonesia senior. Copyright: © Grafis: Yanto/Indosport.com
3 Pemain muda yang bisa dibawa Indra Sjafri ke Timnas Indonesia senior.

INDOSPORT.COM – Indra Sjafri mengaku sangat siap jika diminta untuk melatih Timnas Indonesia senior setelah sukses membawa Garuda Muda ke final SEA Games 2019.

Seperti yang diketahui Timnas Indonesia U-23 berhasil mengalahkan Myanmar di babak semifinal SEA Games 2019 dengan skor 4-2.

Hasil positif tersebut membuat Timnas Indonesia U-23 bakal menjalani pertandingan balas dendam di partai puncak melawan Vietnam.

Keberhasilan ini akhirnya membuat Indra Sjafri yakin bahwa dirinya bisa bersaing dengan Luis Milla sebagai kandidat pelatih Timnas Indonesia senior.

Mengingat, Luis Milla saat itu gagal membawa Garuda Muda ke final SEA Games 2017. Saat itu Ezra Walian dkk. harus tersingkir di semifinal usai dikalahkan Malaysia.

Situasi tersebut akhirnya membuat Indra semakin yakin bisa bersaing dengan Luis Milla dalam bursa calon pelatih Timnas Indonesia senior.

"Sampaikan ke semua media Indonesia, Indra adalah pelatih yang punya proses yang baik. Dan Indra Sjafri siap kalau ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia senior," tegas Indra.

Apabila PSSI benar-benar menunjuk Indra Sjafri sebagai pelatih Timnas Indonesia senior, mungkin ada beberapa pemain muda yang bisa ia bawa.

Berikut INDOSPORT merangkum 3 pemain muda yang bisa dibawa Indra Sjafri, jika ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia senior pada tahun depan.

Osvaldo Haay

© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-23, Osvaldo Haay usai mencetak gol ke gawang Myanmar U-23 babak semifinal SEA Games Filipina 2019, Sabtu (07/12/19). Copyright: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORTSelebrasi pemain Timnas Indonesia U-23, Osvaldo Haay usai mencetak gol ke gawang Myanmar U-23 babak semifinal SEA Games Filipina 2019, Sabtu (07/12/19).

Osvaldo Haay telah menjadi tumpuan di lini serang Timnas Indonesia U-23 dalam ajang SEA Games 2019. Ia menjelma sebagai mesin gol Garuda Muda dengan menorehkan 8 gol dari 6 laga.

Gol terbanyak Osvaldo ditorehkan saat membantai habis Brunei di petandingan ke-4 fase grup. Dalam kemenangan telak 8-0 tersebut, Osvaldo Haay sukses catatkan hattrick.

Torehan itu membuat Osvaldo Haay menjadi pemain pertama yang berhasil mencetak setidaknya 5 gol sejak SEA Games 2011 lalu. Sebelumnya, Patrich Wanggai lebih dulu menorehkan 5 gol.

Penampilan fantastis itu membuat Osvaldo Haay kemungkinan bisa menjadi solusi terbaik untuk memberantas krisisnya penyerang lokal.

Asnawi Mangkualam Bahar

© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Asnawi Mangkualam Bahar (kiri) berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Singapura, Kamis (28/11/2019). Copyright: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORTAsnawi Mangkualam Bahar (kiri) berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Singapura, Kamis (28/11/2019).

Sosok kedua yang bisa dibawa Indra Sjafri ke Timnas Indonesia senior adalah bek muda PSM Makassar, yakni Asnawi Mangkualam Bahar.

Jika di PSM saja ia telah menjadi pilihan utama, maka tak heran jika Asnawi juga merupakan pilar penting di Timnas Indonesia U-23 dalam ajang SEA Games 2019.

Terlebih, pelatih Timnas Indonesia sebelumnya, Simon McMenemy, sepertinya kesulitan mencari sosok bek kanan. Bahkan ia sempat memanggil Victor Pae untuk memainkan peran bek kanan.

Krisisnya bek kanan itu seharusnya tidak bakal terjadi lagi jika Indra Sjafri berani mempromosikan Asnawi ke Timnas Indonesia senior.

Nadeo Argawinata

© Ronaldo Seger Prabowo/INDOSPORT
Kiper Timnas Indonesia U-23, Nadeo Argawinata, dalam pertandingan melawan Singapura di SEA Games 2019 Copyright: Ronaldo Seger Prabowo/INDOSPORTKiper Timnas Indonesia U-23, Nadeo Argawinata, dalam pertandingan melawan Singapura di SEA Games 2019.

Terakhir, ada kiper muda juga berpengalaman di Liga 1 musim ini, yakni Nadeo Argawinata. Penjaga gawang Borneo FC itu, setidaknya bisa menjadi pelapis kiper-kiper senior di Timnas Indonesia.

Apalagi, saat ini Timnas Indonesia tengah kebingungan mencari sosok kiper yang tampil konsisten di bawah mistar gawang. Karena nama besar Andritany Ardhiyasa juga terkadang bermain kurang maksimal.

Bahkan kiper yang punya catatan apik di Liga 1 2019, yakni Wawan Hendrawan, juga tak mampu tampil baik. Dirinya justru kebobolan 5 gol saat berhadapan dengan Uni Emirate Arab.

Situasi ini pun seharusnya bisa menjadi peluang bagi kiper-kiper muda seperti Nadeo untuk diberikan kesempatan merasakan atmosfer di level senior.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
33%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
33%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
33%