Liga Indonesia

Siap-siap Makassar, Habibie Cup Akan Kembali Bergulir Tahun Depan

Senin, 9 Desember 2019 11:27 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Muhammad Nur Basri
Mantan sektretaris dan Media Officer (MO) PSM Makassar, Widya Syadzwina, membeberkan rencana terkait diadakannya kembali kompetisi sepak bola Habibie Cup. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Muhammad Nur Basri
Mantan sektretaris dan Media Officer (MO) PSM Makassar, Widya Syadzwina, membeberkan rencana terkait diadakannya kembali kompetisi sepak bola Habibie Cup.

INDOSPORT.COM - Mantan sektretaris dan Media Officer (MO) PSM Makassar, Andi Widya Syadzwina, membeberkan rencana terkait diselenggarakannya kembali kompetisi sepak bola Habibie Cup pada 2020.

Habibie Cup adalah kejuaraan antarklub  tahunan antara tim-tim sepak bola yang diadakan oleh Pemerintah Kota Parepare. Kejuaraan ini didedikasikan kepada almarhum Bacharuddin Jusuf Habibie. Kejuaraan ini juga merupakan turnamen sepak bola tertua di Sulawesi Selatan.

Habibie Cup pertama kali diselenggarakan pada 1990, dicetuskan pertama kali oleh Mirdin Kasim yang saat itu menjabat Wali Kota Parepare dan HM Alwi Hamu. Keduanya membutuhkan tokoh nasional asal Parepare yang sesuai untuk jadi ikon turnamen ini. Akhirnya, mereka sepakat untuk memilih BJ Habibie yang saat itu menjabat Menristek RI dan Kepala BPPT.

Usai 2015 yang lalu, yang merupakan seri Habibie Cup ke-21, belum pernah digelar lagi sampai tahun ini. Oleh karena itu, Andi Widya Syadzwina, mantan sekretaris dan Media Officer (MO) dari PSM Makassar, menyempatkan diri untuk menemui keponakan dari BJ Habibie yang bernama Rully Habibie, untuk membahas mengenai Habibie Cup.

"Kunjungan ke Media Fajar bersama Pak Rully merupakan silaturahmi sekaligus membahas Turnamen Habibie Cup yang beberapa tahun terakhir ini belum lagi digelar. Sambutan hangat Direktur Media Fajar yang akrab disapa pak Ical, beserta jajaran manajemennya membuat pagi itu lebih semangat," tulis Widya dalam caption unggahannya di akun Instagram miliknya.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by widya syadzwina (@widyasyadzwina) on

"Kami juga diizinkan memasuki ruangan yang penuh dengan foto2 dan berita terkait Habibie Cup dari tahun ke tahun sejak pertama kali digelar pada tahun 1990. Dicetuskan oleh bpk Mirdin Kasim yang saat itu menjabat sebagai Walikota Parepare dan Chairman Media Fajar Bapak Alwi Hamu, keduanya lalu menghadap Bapak BJ Habibie yang saat itu masih menjabat Menristek RI," lanjutnya.

"Sejak itu, Habibie Cup ikut meramaikan kancah sepakbola nasional dan tentu saja ikut melahirkan beberapa pesepakbola profesional. Di tahun 2020 nantinya, dengan sinergitas antara Pemerintah Kota Parepare, Media Fajar, dan keluarga Bapak BJ Habibie yang diwakilkan oleh Bapak Rully, semoga dapat menjadi turnamen sepakbola yang memberi kesempatan para pemain muda khususnya di Sulawesi Selatan dan sekitarnya, menjadi pesepakbola profesional dengan skill sepakbola yang baik, berakhlak baik, dan memiliki SDM yang unggul," tutupnya.

Sejak pertama kali digulir pada 1990, klub Persipare Parepare mampu menjadi klub yang paling sering meraih kemenangan di kompetisi sepak bola Habibie Cup tersebut. Tim yang berjuluk The Green Force itu sukses menjadi juara sebanyak 10 kali berdasar situs Wikipedia. Sementara itu, PSM Makassar sendiri baru juara empat kali, yaitu pada 1993, 1995, 1996, dan 1997.