Liga Champions

3 Hal yang Paling Dinantikan di Laga Final SEA Games 2019 TImnas Indonesia U-23 vs Vietnam

Selasa, 10 Desember 2019 16:08 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-23, Evan Dimas usai mencetak gol ke gawang Myanmar U-23 babak semifinal SEA Games Filipina 2019, Sabtu (07/12/19). Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-23, Evan Dimas usai mencetak gol ke gawang Myanmar U-23 babak semifinal SEA Games Filipina 2019, Sabtu (07/12/19).

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan melawan Vietnam U-23 untuk memperebutkan medali emas di final Sepak Bola SEA Games 2019

Setelah susah payah melewati Myanmar di babak semifinal, timnas Indonesia akan berhadapan dengan Vietnam di final cabang olahraga sepak bola SEA Games 2019, Selasa (10/12/19).

Selain menjadi kesempatan untuk membalas dendam kekalahan di fase grup B lalu, melawan Vietnam U-23 di laga final tentu menjadi momentum tepat bagi Timnas Indonesia untuk menyudahi puasa medali emas di sepak bola SEA Games sejak tahun 1991.

Berikut ini kami rangkum tiga hal yang paling dinantikan di laga final Timnas Indonesia U-23 vs Vietnam nanti malam. 

1. Kebangkitan Timnas Garuda

Tentunya suporter Tanah Air sangat ingin melihat Indonesia membalaskan dendam kekalahannya atas Vietnam di fase grup. Kebangkitan Timnas Garuda jadi salah satu hal paling dinantikan di laga ini. 

Timnas Indonesia sendiri sejatinya bukannya tidak mampu untuk bangkit. Pasalnya, pada pertemuan pertama di fase grup Indra Sjafri sengaja memakai taktik bertahan setelah unggul gol di babak pertama. 

Namun, strategi ini justru membuat Vietnam makin menjadi-jadi dan mencetak dua gol di babak kedua. 

2. Medali Emas SEA Games 2019

Di stadion yang sama dalam ajang yang sama 28 tahun yang lalu, kita pernah merebut medali emas. Tentu saja hal itu adalah klimaks dari ajang ini. 

Memenangkan medali emas SEA Games 2019 akan jadi capaian luar biasa bagi sepak bola Indonesia sekaligus mengobati kerinduan prestasi suporter. 

3. Lahirnya Striker Masa Depan Tanah Air

Laga final nanti bakal menjadi panggung lahirnya striker andalan Timnas Indonesia di masa depan. Ya, Osvaldo Haay tampil melebihi ekspektasi di SEA Games 2019 ini. 

Dari enam laga, Osvaldo Haay sudah mencetak 8 gol untuk Skuat Garuda. Keputusan Indra Sjafri untuk memasang Osvaldo Haay sebagai striker murni terbilang tepat. Maklum, Osvaldo memang biasa main agak melebar di Persebaya. 

Osvaldo Haay membuktikan dirinya adalah striker yang bisa diandalkan. Tentunya mencetak gol ke gawang Vietnam akan spesial. 

Selain mencetak gol di partai puncak, Vietnam adalah lawan yang belum bisa dijebol Osvaldo Haay di SEA Games 2019 kali ini