Liga Indonesia

Athallah Araihan, Penerus Egy Maulana yang Bakal Direkrut Klub Eropa

Selasa, 10 Desember 2019 16:46 WIB
Editor: Rafif Rahedian
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Pemain bintang Timnas Indonesia U-16 Athallah Araihan nyatanya bisa mengikuti jejak karier seniornya, Egy Maulana Vikri, untuk berkarier di Eropa.

Itu terjadi setelah Athallah dilirik oleh salah satu klub ternama Eropa asal Belgia, yakni Anderlecht. Hal itu sepertinya tak terlepas dari penampilan apiknya bersama Timnas Indonesia U-16.

Rumor ketertarikan Anderlecht terhadap kualitas Athallah diinformasikan langsung oleh situs berita olahraga internasional Voetbal Nieuws. Menurut laporan yang sama, Anderlecht tengah mencari bakat di seluruh penjuru dunia.

“Anderlecht tertarik kepada seorang penyerang Indonesia berusia 15 tahun, Athallah Araihan. Anderlecht berharap bisa membawanya ke Belgia dalam jangka panjang,” tulis laporan tersebut.

Akan tetapi, Anderlecht tak bisa merekrut Athallah secara permanen dalam waktu dekat ini. Karena federasi Belgia tidak mengizinkan klub merekrut pemain non-Uni Eropa yang usianya di bawah 18 tahun.

Untuk mengakali hal tersebut, Anderlecht dikabarkan bakal memantau perkembangan Athallah. Selain itu klub raksasa Belgia ini bisa memberikan kesempatan untuk melakukan semacam magang kepada Athallah.

Jika rumor ini benar-benar terjadi, maka Athallah bakal menjadi pemain Indonesia kedua yang direkrut klub Belgia. Sebelumnya, Firza Andika juga sempat bergabung dengan klub kasta ketiga Liga Belgia, AFC Tubize.

Profil Athallah Araihan, Pemain yang Diincar Anderlecht

© instagram.com/athallaharaihan__
Ahmad Athallah Araihan, striker Timnas Indonesia U-15 yang berhasil cetak gol ke gawang Korea Selatan di Boys Elite Football Tournament 2019, Minggu (18/08/19) Copyright: instagram.com/athallaharaihan__Ahmad Athallah Araihan, striker Timnas Indonesia U-15 yang berhasil cetak gol ke gawang Korea Selatan di Boys Elite Football Tournament 2019, Minggu (18/08/19).

Athallah Araihan sendiri merupakan pemain yang memulai karier juniornya bersama klub Ragunan Soccer School. Diketahui dirinya memulai kariernya sejak usia 8 tahun.

Pada 2018 lalu, dirinya berhasil membantu tim DKI Jakarta U-14 meraih gelar juara 7th Beijing Cup International School Football Tournament. Ia juga dinobatkan sebagai pemain terbaik dan top skor di ajang tersebut.

Dengan kualitas yang dimilikinya, Athallah berhasil lolos dalam seleksi Timnas Indonesia U-16 mewakili SKO Ragunan. Ia bahkan langsung menjelma sebagai bintang di tim ini.

Itu bermula ketika dirinya tampil sangat produktif ketika menemani Timnas Indonesia U-16 di ajang Kualifikasi Piala Asia U-16 2020 ini. Terhitung, ia mencetak 6 gol di ajang tersebut.

Gol terbanyaknya ia torehkan saat membantu Timnas Indonesia U-16 membantai habis Mariana Utara dengan skor 15-1. Pada laga itu ia sukses menyarangkan 4 gol.

Athallah dkk. pun akhirnya berhasil membantu Timnas Indonesia U-16 lolos ke Piala Asia U-16 2020 mendatang. Itu terjadi ketika mereka menduduki posisi runner-up grup di ajang kualifikasi.

Pada ajang lainnya, Boys Elite Football Tournament 2019, Athallah juga tampil cukup mengesankan. Dirinya sukses mencetak satu gol ke gawang Korea Selatan.

Namun sayangnya, Timnas Indonesia U-15 tak keluar sebagai pemenang di ajang Boys Elite Football Tournament 2019. Mereka harus puas sebagai runner-up.

Pada Piala AFF U-15 2019 kemarin, Athallah selalu diberikan kesempatan untuk bermain di setiap pertandingan. Namun ia lebih sering memulai laga dari bangku cadangan.

Athallah berperan cukup penting saat Timnas Indonesia meraih peringkat ketiga Piala AFF U-15 2019. Karena ia mampu menjadi penentu sebagai algojo terakhir dalam drama adu penalti ketika berhadapan dengan Vietnam.

Jika melihat perjalanan kariernya, Athallah memang cukup pantas untuk mencicipi kompetisi di Eropa. Pecinta sepak bola nasional pun berharap agar Athallah bisa mengikuti jejak Egy Maulana.