Liga Indonesia

Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Teco Minta Timnas Indonesia Bergerak Cari Pelatih

Selasa, 10 Desember 2019 16:15 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Grafis: Yanto/Indosport.com
Melihat kepantasan Stefano Cugurra Teco latih Timnas Indonesia. Copyright: © Grafis: Yanto/Indosport.com
Melihat kepantasan Stefano Cugurra Teco latih Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Penting bagi Indonesia segera bersiap menghadapi Piala Dunia U-20 2021. Ada waktu persiapan selama 17 bulan supaya Indonesia bisa bersaing dengan negara-negara terbaik di dunia.

Pendapat ini dikemukakan pelatih asal Brasil, Stefano Cugurra, yang baru saja membawa Bali United menjuarai Shopee Liga 1 2019, momentum Piala Dunia U-20 2021 tak bisa dilewatkan begitu saja. 

Indonesia bukan saja harus sukses sebagai tuan rumah, melainkan juga peserta. Keputusan penting yang bisa diambil mulai dari sekarang ini adalah menunjuk pelatih mengingat waktu persiapan masih cukup panjang, yaitu 17 bulan

"Sekarang Piala Dunia ada di Indonesia. Ini kesempatan pertama. Kita tak tahu kapan Piala Dunia akan datang lagi ke Indonesia. Untuk itu, Indonesia harus benar-benar serius mengejar prestasi," kata Stefano Cugurra, Senin (9/12/19). 

"Saya berbicara begini karena pengalaman dari negara saya. Brasil pertama kali menjadi tuan rumah Piala Dunia pada 1950, kemudian kesempatan berikutnya baru datang lagi 2014. Hitung sendiri berapa lama waktu yang kami tunggu?" ucap Teco, sapaan akrabnya.

Bagi Teco, penting bagi federasi untuk segera menetapkan siapa pelatih timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2021. Bila ingin berprestasi, tentu saja pergerakan harus dilakukan dari sekarang.

"Saya pikir Indonesia harus cepat pilih pelatih buat memulai kerja. Jangan tunggu tahun depan atau kurang tiga bulan sebelum kompetisi, buat pelatih diminta lihat pemain muda, pasti tidak sukses di Piala Dunia," tukas Teco.

Sekadar mengingatkan, Indonesia dipercaya FIFA menggelar Piala Dunia U-20 2021. Inilah kali pertama Nusantara kebagian jatah melaksanakan turnamen sepak bola tingkat dunia, meski sebatas kategori junior atau U-20.