Liga Indonesia

4 Fakta Mengejutkan Pasca Laga Persebaya vs Arema FC

Kamis, 12 Desember 2019 21:19 WIB
Editor: Juni Adi
© Media Persebaya
Persebaya Surabaya menang 4-1 atas Arema FC di laga lanjutan Liga 1. Copyright: © Media Persebaya
Persebaya Surabaya menang 4-1 atas Arema FC di laga lanjutan Liga 1.

INDOSPORT.COM - Duel seru tersaji di laga lanjutan Liga 1 2019 pekan ke-32 antara Persebaya Surabaya vs Arema FC di Stadion Batakan, Balikpapan, pada Kamis (12/12/19) sore WIB. Usai laga, ada beberapa fakta menarik.

Persebaya yang bertindak sebagai tuan rumah, berhasil menyudahi pertandingan dengan kemenangan telak 4-1. Bajul Ijo membuka keunggulan melalui tendangan jarak jauh Aryn Williams di menit ke-4.

Kebobolan satu gol membuat Arema FC tersengat, dan langsung meningkatkan intensitas serangan. Peluang sempat mereka dapat, ketika tangkapan bola kiper Persebaya, Miswar Saputra lepas.

Beruntung pemain asal Aceh tersebut bisa langsung menguasainya kembali sebelum disambar Konate. Keasyikan menyerang, Singo Edan lengah.

Melalui serangan balik, aksi individu David da Silva mampu merusak pertahanan Arema FC dan gagal dihentikan oleh Hamka Hamzah yang coba mengganggunya.

Mendekati kotak penalti, pemain asal Brasil melepaskan tendangan keras ke sudut gawang, dan gagal diantisipasi dengan baik oleh Utam menit ke-27. Skor jadi 2-0 menutup babak pertama.

Di babak kedua, Persebaya masih mendominasi jalannya pertandingan. Anak asuh Aji Santoso memperbesar keunggulan di menit ke-78 melalui Diogo Campos.

Memasuki menit injury time babak kedua, Arema FC mampu memperkecil kedudukan jadi 3-1 melalui Hamka Hamzah menit ke-90+2. Tapi selang semenit kemudian, Persebaya menambah gol lewat Da Silva menit ke-90+3.

Skor 4-1 menutup pertandingan bertajuk Derby Jawa Timur tersebut. Tambahan tiga poin membuat Persebaya naik lima peringkat ke urutan ke-3 dari sebelumnya posisi ke-8 dengan 48 poin.

Sedangkan untuk Arema FC, hasil pertandingan minor ini membuat mereka tak bisa beranjak dan tertahan di urutan ke-10 dengan koleksi 43 poin. Usai pertandingan, terdapat sejumlah fakta rahasia yang terbongkar. Berikut ulasannya:

1. Catatan Manis Aji Santoso

Sejak ditunjuk sebagai pelatih menggantikan Wolfgang Pikal pada 31 Oktober 2019 lalu, Aji Santoso langsung memberikan dampak positif bagi penampilan Persebaya.

Dari tujuh pertandingan terakhir mendampingi tim, Bajul Ijo belum sekalipun merasakan pahitnya kekalahan ((5 menang, 2 imbang).

Catatan manis ini diharapkan berlanjut di dua laga sisa, salah satunya ketika bertemu rival mereka Persija di pekan ke-33 pada Selasa (17/12/19) mendatang.

2. Tren Buruk Arema FC Berlanjut

Kekalahan 4-1 Arema FC dari Persebaya, semakin menambah panjang tren buruk mereka di putaran kedua Liga 1 2019. Bayangkan saja, dalam enam pertandingan terakhir tak satupun Hamka Hamza cs bisa meraih kemenangan.

Mereka hanya mampu meraih dua poin hasil dari dua imbang sedangkan sisanya empat kali kalah. Hasil negatif ini membuat posisi Milomir Sesliha sebagai pelatih terancam dipecat.

3. Saling Mengalahkan

Persebaya Surabaya sukses menuntaskan dendam kekalahan mereka di pertemuan pertama Derby Jatim musim ini, terhadap rivalnya Arema FC.

Kala itu, bermain di Stadion Kanjuruhan pada 15 Agustus 2019, Arema FC menang telak empat gol tanpa balas. Namun, mampu ditebus di pertemua kedua dengan skor 4-1.

4. Arema FC Masih Dominan di Derby Jatim

Meski harus menanggung malu dari lawatannya ke markas Persebaya sore tadi kare kalah 4-1, para pemain Arema FC tak perlu kecewa begitu dalam.

Pasalnya, mereka masih mendominasi kemenangan atas Persebaya secara head to head Derby Jatim. Dari tujuh pertemuan terakhir kedua tim, Arema FC mengantongi empat kemenangan.

Sementara Persebaya, hanya bisa menang dua kali atas Arema FC dan satu laga lainnya berakhir imbang, sejak tahun 2018 di semua kompetisi termasuk Liga 1.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
100%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%