Liga Champions

Profil Julian Nagelsmann, Pelatih Termuda yang Mendobrak Liga Champions

Kamis, 12 Desember 2019 13:47 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Getty Images
Julian Nagelsmann pelatih sepak bola klub Jerman, RB Leipzig. Copyright: © Getty Images
Julian Nagelsmann pelatih sepak bola klub Jerman, RB Leipzig.

INDOSPORT.COM - Julian Nagelsmann menorehkan rekor di Liga Champions. Berikut profil pelatih RB Leipzig, Julian Nagelsmann. 

Fase grup kompetisi sepak bola bergengsi, Liga Champions musim 2019-20 telah berakhir. Enam belas tim terbaik sudah memastikan diri melangkah ke fase gugur. 

Dari 16 klub, salah satu klub yang mendapat sorotan lebih adalah RB Leipzig. RB Leipzig berhasil lolos ke babak 16 besar dengan status juara Grup G. 

RB Leipzig mengumpulkan 11 poin dari 3 kemenangan dan 2 hasil imbang serta hanya sekali kalah. RB Leipzig menjadi menjadi wakil Bundesliga ke-3 yang berhasil lolos ke babak 16 besar selain Bayern Munchen dan Borussia Dortmund. 

Lolosnya RB Leipzig ke babak 16 besar Liga Champions tentu tak lepas dari peran pelatihnya, Julian Nagelsmann. Berikut INDOSPORT sajikan profil dari Julian Nagelsmann. 

Profil Singkat 

Julian Nagelsmann dilahirkan di Kota Landsberg am Lech, Jerman, pada 23 Juli 1987 atau kini berusia 32 tahun. Julian Nagelsmann mengawali karier di sepak bola sebagai pemain tim junior FC Augsburg pada tahun 2002. 

Julian Nagelsmann kemudian pindah ke 1860 Munchen. Sayangnya pada tahun 2006 Julian Nagelsmann menderita cedera lutut yang membuat ia gagal meneruskan karier sebagai pemain sepak bola dan memutuskan pensiun di umur 19 tahun. 

Julian Nagelsmann kemudian memutuskan untuk fokus di pendidikan dan akhirnya mengambil jurusan Ilmu Olahraga. Karier kepelatihan pun mulai dijajaki oleh Julian Nagelsmann. 

Sekelas Jose Mourinho 

Mengapa Julian Nagelsmann disebut bisa sekelas dengan Jose Mourinho? Hal itu karena Julian Nagelsmann bisa menjadi pelatih di klub elite Eropa tanpa pernah menjadi pemain sepak bola profesional. 

Hanya saja, Julian Nagelsmann masih perlu membuktikan dirinya dengan meraih gelar juara. Julian sendiri mengawali karier pelatih dengan menjadi asisten di tim junior FC Augsburg pada tahun 2008. 

Julian Nagelsmann kemudian sempat melatih Hoffenheim U-17, Hoffenheim U-17, menjadi asisten pelatih Hoffenheim, hingga akhirnya dipercaya menjadi pelatih tim senior 1899 Hoffenheim di tahun 2016. 

Ciptakan Rekor 

Setelah diangkat menjadi pelatih tim senior 1899 Hoffenheim, Julian Nagelsmann mulai menunjukkan prestasinya. Hoffenheim dibawa oleh Julian finis sebagai peringkat ke-4 di Bundesliga 2016-17. 

Karena finis sebagai peringkat ke-4, Hoffenheim berhak mewakili Bundesliga Jerman ke babak playoff Liga Champions 2017-18. 

Sayangnya di babak playoff, Hoffenheim disingkirkan oleh Liverpool dengan agregat 3-6. 

Meski gagal tampil di Liga Champions saat masih melatih Hoffenheim, Julian Nagelsmann kemudian menorehkan rekor bersama RB Leipzig di Liga Champions. 

Julian Nagelsmann menjadi pelatih termuda yang berhasil membawa timnya lolos ke babak 16 besar Liga Champions sebagai juara grup. 

Julian Nagelsmann membawa RB Leipzig menjadi juara Grup G saat usianya baru 32 tahun saja. Usia Julian Nagelsmann lebih muda dari salah satu anak asuhnya, Philipp Tschauner, yang kini berusia 34 tahun.