In-depth

Kalteng Putra Sudah Degradasi, Siapa 2 Tim Liga 1 Lain yang Menyusul?

Jumat, 13 Desember 2019 11:59 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Twitter/@badaklampungfc1
Francisco Torres merayakan gol pada laga Badak Lampung FC vs Barito Putera di Liga 1 2019, Jumat (05/07/19). Copyright: © Twitter/@badaklampungfc1
Francisco Torres merayakan gol pada laga Badak Lampung FC vs Barito Putera di Liga 1 2019, Jumat (05/07/19).

INDOSPORT.COM - Dengan terdegradasinya Kalteng Putra, itu artinya tinggal dua tim lagi yang bakal merosot ke Liga 2 musim depan. Siapa saja mereka?

Kalteng Putra harus mengalami nasib tragis setelah terdegradasi di Liga 1 2019. Tim yang bermarkas di Kota Palangkaraya ini menjadi juru kunci usai hanya mengumpulkan 31 poin.

Kalteng tertinggal tujuh angka dari Persija Jakarta yang berada di posisi aman terakhir (peringkat 15). Dengan liga yang tinggal menyisakan dua pertandingan (enam poin), maka diapstikan Kalteng tak akan mampu lolos dari zona merah.

Dengan terdegradasinya Kalteng, itu artinya tinggal dua tim lagi yang bakal merosot ke Liga 2 musim depan. Lalu, siapa saja tim-tim yang berpeluang terdegradasi musim ini?

Jika ditilik dari tabel klasemen sementara, saat ini ada tiga klub yang masih berpeluang mengisis dua slot tim yang terdegradasi di akhir musim. 

Ketiga klub itu adalah Semen Padang, Perseru Badak Lampung FC, dan Persija Jakarta. Namun begitu, nama Semen Padang dan Badak Lampung jadi nominasi terdepan.  

Pasalnya, kedua tim tersebut kini tengah menghuni zona merah. Semen Padang saat ini masih berkutat di posisi ke-17 dengan 31 poin. Sementara Badak Lampung ada di posisi ke-16 dengan 33 poin. 

Perolehan poin Semen Padang dengan Kalteng memang sama-sama 31. Namun, Semen Padang masih berpeluang lolos lantaran memiliki satu pertandingan lebih banyak (total tersisa 3 laga). 

Klub Persija Jakarta memiliki kondisi yang lebih baik dari kedua tim di atas. Macan Kemayoran saat ini mampu mengumpulkan 38 poin dan masih menyisakan tiga pertandingan. Itu artinya, persija cuma butuh satu kemenangan lagi untuk memastikan bertahan di Liga 1. 

Sementara Badak Lampung (33 poin) diwajibkan menyapu bersih dua laga tersisa sambil berharap Persija gagal meraih lebih dari satu poin di tiga laga sisanya

Skenario Badak Lampung

Jika Badak Lampung sanggup memenangi dua laga tersisa, mereka akan mengumpulkan 39 poin. Apabila di waktu bersamaan Persija kalah tiga kali atau minimal seri sekali dan sisahnya kalah, maka Badak Lampung dipastikan bertahan. 

Kedua tim akan sama-sama mengumpulkan 39 poin. Namun, karena Badak Lampung unggul head-to-head, maka mereka berhak finis di posisi lebih tinggi. 

Akan tetapi, apabila Badak Lampung memenangi dua laga tersisa dan Persija sanggup meraih setidaknya satu kemenangan, maka dipastikan Badak Lampung bakal terdegradasi musim ini. 

Tiga poin yang didapatkan Persija menjadikan perolehan poin mereka dua poin lebih banyak dari Badak Lampung pada akhir musim. 

Skenario Semen Padang

Peluang yang kurang lebih sama bisa didapatkan oleh Semen Padang. Saat ini Kabau Sirah meyisakan tiga laga tersisa yang artinya masih berpotensi mendapatkan sembilan poin. 

Apabila mereka sanggup menyapu bersih tiga kemenangan tersebut, maka mereka bakal finis dengan 40 poin di akhir musim. 

Angka ini sudah lebih dari cukup untuk membuat mereka lolos, dengan catatan Persija Jakarta meraih dua kekalahan dari tiga laga sisa atau meraih dua hasil imbang dan satu kalah di tiga laga tersisa. 

Dengan skenario ini, maka Persija hanya akan mengumpulkan 39 atau 40 poin. Seandainya 40 poin pun (sama dengan Semen Padang), tim Kabau Sirah tetap diuntungkan karena unggul head-to-head atas Macan Kemayoran musim ini. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%