Liga Indonesia

Target Presiden Jokowi di SEA Games 2019 Gagal, Ini Penjelasan Menpora

Jumat, 13 Desember 2019 03:38 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Yohanes Ishak
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Menpora, Zainudin Amali berbicara tentang hasil akhir Indonesia di SEA Games 2019. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Menpora, Zainudin Amali berbicara tentang hasil akhir Indonesia di SEA Games 2019.

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, Kamis (12/12/19) malam secara langsung memberikan bonus bagi atlet, pelatih hingga official peraih medali di SEA Games 2019.

Dalam kesempatan itu, Menpora menyampaikan terima kasih atas kerja keras seluruh kontingen yang berhasil melampaui target medali yang dibebankan.

Menpora mengaku bangga, sebab kontingen Indonesia mampu mengumpulkan 72 medali emas, melewati capaian di SEA Games 2017 yang hanya 38 emas.

Ia mengatakan, capaian itu diapresiasi Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, meski tak sesuai harapan untuk finish di posisi kedua klasemen akhir.

"Kita bersyukur dari 2017 hanya 38 emas. Hitungan awal targetnya 45 lalu koordinasi dengan NOC dan cabor sehingga dinaikan ke-54 kemudian sebelum pembukaan dikalkulasi lagi oleh NOC dan cabor jadi 60 emas targetnya, lalu kami berpikir apakah bisa atau tidak,  tapi alhamdulillah melampaui menjadi 72,  jadi pemerintah sangat berterima kasih buat atlet, pelatih dan semuanya," ujar Zainudin Amali.

"Memang Presiden menyampaikan kalau boleh peringkat kedua targetnya dan kami usahakan secara maksimal dan hasilnya dari 38 emas ke 72. Jadi, beliau sangat memahami kerja keras para atlet," imbuhnya.

Pada SEA Games 2019, secara total kontingen Indonesia meraih 267 medali, dengan perincian 72 emas, 84 perak dan 111 perunggu. Hasil itu menempatkan Indonesia di peringkat ke empat, di bawah Filipina, Thailand dan Vietnam.

Di lain pihak, peraih medali di SEA Games 2019 mendapat apresiasi tinggi dari pemerintah. Menpora menyampaikan, ada peningkatan jumlah bonus yang diterima para peraih medali, bahkan hingga dua kali lipat dibanding SEA Games edisi sebelumnya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%