Liga Indonesia

Tiga Pelatih Bosnia Berprestasi yang Cocok Gantikan Darije Kalezic Di PSM Makassar

Sabtu, 14 Desember 2019 21:08 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Official PSM Makassar
Resmi berpisah, berikut tiga pelatih asing berprestasi menganggur asal Bosnia-Herzegovina yang cocok gantikan posisi Darije Kalezic di klub Liga 1 PSM Makassar. Copyright: © Official PSM Makassar
Resmi berpisah, berikut tiga pelatih asing berprestasi menganggur asal Bosnia-Herzegovina yang cocok gantikan posisi Darije Kalezic di klub Liga 1 PSM Makassar.

INDOSPORT.COM - Resmi berpisah, berikut tiga pelatih asing berprestasi menganggur asal Bosnia-Herzegovina yang cocok gantikan posisi Darije Kalezic di skuat klub Liga 1 PSM Makassar musim depan.

Darije Kalezic sendiri mengungkapkan bakal mengakhiri kerjasamanya dengan PSM Makassar dalam konferensi pers jelang pertandingan PSM Makassar vs PSS Sleman, Sabtu (14/12/19) sore.

Pelatih berusia 50 tahun menyebut, jika pertandingan kandang kontra PSS Sleman di stadion Andi Mattalatta pada Minggu (15/12/19) besok, akan menjadi laga terakhirnya mendampingi skuat Juku Eja di Liga 1 musim ini.

"Besok menjadi laga kandang terakhir saya sebagai pelatih PSM Makassar. Selama di Makassar, saya melewati masa yang sangat luar biasa," ungkap Darije di Media Center Stadion Andi Mattalatta.

Pria asal Bosnia Herzegovina ini merasa sangat terhormat menjadi bagian Pasukan Ramang di musim 2019 ini. Terlebih, Darije mampu memberikan sebuah trofi kepada klub kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan itu.

"Saya sangat senang bisa menjadi pelatih PSM pada musim ini. Saya mampu merealisasikan tugas dengan membawa pulang trofi ke Makassar setelah 19 tahun lamanya," tambahnya.

Mundurnya Darije Kalezic sebagai pelatih kepala membuat tugas pemilik klub PSM semakin lantaran mereka harus segera mencari juru latih baru secepatnya. Sebab, Juku Eja bakal segera tampil di babak Kualifikasi Piala AFC 2020 pada bulan Januari nanti.

Dengan sedikitnya jeda waktu jelang laga penting tersebut, PSM mungkin tidak bisa leluasa memilih pelatih. Namun, jika PSM masih kepincut dengan juru latih berkebangsaan Bosnia, berikut ada beberapa pelatih asal negara pecahan Yugoslavia tersebut yang cukup berprestasi dan kini tengah menganggur.

Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT coba merangkum dan mengulas, tiga pelatih berprestasi asal Bosnia yang sedang menganggur dan cocok untuk gantikan peran Darije Kalezic di PSM Makassar.

1. Safet Susic
Nama pertama adalah Safet Susic, pelatih berusia 64 tahun tersebut terakhir kali membesut Akhisarspor di Super Lig atau kasta teratas Liga Turki.

Namun, karier Safet Susic bersama Akhisarspor tidak bertahan lama. Mantan pelatih Alanyaspor itu langsung didepak setelah lima laga gagal memberikan kemenangan untuk Akhisarspor musim 2018 silam.

Meski berakhir cepat, namun Safet Susic sempat memberikan satu gelar untuk Akhisarspor yakni Turkish Super Cup tahun 2019, setelah di partai final berhasil mengalahkan Galatasaray lewat babak adu penalti.

2. Husref Musemic
Pelatih kelahiran Janja ini punya segudang prestasi saat melatih tim-tim Bosnia. Teranyar, sebelum hengkang, ia sempat mengantarkan klub Sarajevo meraih double winner, yakni Liga Bosnia (Bosnian Premier League) dan Piala Liga (Bosnian Cup) musim 2018/19.

Dalam karier kepelatihan terakhirnya pun Husref Musemic punya catatan gemilang, di mana dalam 96 pertandingan bersama Sarajevo ia berhasil mencatatkan 57 kemenangan, 17 hasil imbang dan hanya menelan 22 kekalahan.

3. Mirza Varesanovic
Mantan pelatih Timnas Bosnia U-18 ini merupakan salah satu pelatih muda yang cukup diperhitungkan di Liga Bosnia, terbukti sejak pertama kali terjun ke dunia kepelatihan tahun 2004 silam, ia telah membawa dua tim berbeda yakni FK Olimpik Sarajevo dan FK Sarajevo meraih gelar Piala Bosnia (Bosnia Cup).

© alchetron.com
Mirza Varesanovic, pelatih berprestasi asal Bosnia yang layak tukangi PSM Makssar musim depan Copyright: alchetron.comMirza Varesanovic, pelatih berprestasi asal Bosnia yang layak tukangi PSM Makssar musim depan

Berbekal pengalaman tersebut, sosok Mirza Varesanovic kemungkinan akan sangat cocok bagi PSM apalagi taktik yang biasa digunakan pelatih berusia 47 tahun ini bisa diterapkan dengan materi skuat Juku Eja musim ini.

Melansir dari laman transfermarkt.com, diketahui Mirza Varesanovic sering menggunakan taktik 4-2-3-1. Menariknya, formasi ini juga kerap menjadi andalan Darije Kalezic bersama PSM musim ini. 

Dengan fakta tersebut, andai Mirza Varesanovic resmi menukangi PSM maka para pemain Pasukan Ramang kemungkinan tidak akan mengalami kendala saat menerapkan strategi baru.