Liga Spanyol

Ronaldinho: Messi Bukan yang Terbaik

Sabtu, 14 Desember 2019 20:06 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Kristy Sparow/GettyImages
Ronaldinho menyatakan jika dia tidak bisa mengatakan jika eks rekan satu timnya di Barcelona, Lionel Messi adalah pemain terbaik sepanjang masa. Copyright: © Kristy Sparow/GettyImages
Ronaldinho menyatakan jika dia tidak bisa mengatakan jika eks rekan satu timnya di Barcelona, Lionel Messi adalah pemain terbaik sepanjang masa.

INDOSPORT.COMRonaldinho menyatakan jika dia tidak bisa mengatakan jika eks rekan satu timnya di klub LaLiga Spanyol Barcelona, Lionel Messi adalah pemain terbaik sepanjang masa.

Menurutnya, Messi adalah pemain terbaik di masanya. Tetapi bukan yang terbaik sepanjang masa. Ronaldinho juga mengatakan jika peraih gelar Ballon d’Or 6 kali itu belum bisa disejajarkan dengan pemain seperti Pele, Diego Maradona, dan Ronaldo Nazario.

“Sebenarnya saya sangat tidak menyukai pembandingan seperti ini, itu sangat sulit dilakukan. Tetapi saya rasa, Messi masih jauh dari level Pele, Maradona, dan Ronaldo,” ujar Ronaldinho.

Dilansir dari The Statesman, Ronaldinho yang menghabiskan 5 musimnya di Barcelona sepanjang 2003 sampai dengan 2008 menjadi saksi perjalanan karier Messi. Dari kelulusannya di La Masia dan berhasil menjalani debut di tahun 2004 sampai dengan dirinya menjadi ikon di Camp Nou.

Ronaldinho juga diketahui menjadi salah satu mentor Messi saat dirinya masuk ke tim senior Barcelona di usianya yang baru menginjak 17 tahun. Dan sadar atau tidak, mungkin hal tersebut juga ikut membentuk kepribadian dan kecermelangan dirinya di lapangan saat ini.

Mungkin tidak akan ada patokan yang pasti tentang siapa yang terbaik sepanjang masa, tetapi dengan sederet pencapaian yang telah Messi raih tampaknya dirinya adalah salah satu pemain yang menakjubkan di generasinya. Mengingat usianya yang masih 32 tahun, dia diperkirakan masih akan membuat berbagai macam rekor di dunia sepakbola modern saat ini.

Dari 702 penampilannya bersama Blaugrana, Messi tercatat telah mencetak 617 gol dan ikut berkontribusi dengan 250 umpan. Pada awal Desember kemarin, legenda Argentina ini berhasil mencatatkan 35 hattrick di LaLiga Spanyol. Sebuah catatan yang sangat mengagumkan.

Pencapaian individu lainnya adalah 91 gol dalam satu musim yang dia bukukan di tahun 2012 dan yang terbaru adalah raihan 6 Ballon d’Or yang menjadi raihan terbanyak sepanjang sejarah penyelenggaraan Ballon d’Or.

Penampilan cemerlangnya tersebut berhasil membawa 34 trofi untuk Barcelona. Termasuk 10 trofi LaLiga, 4 trofi Liga Champions, dan 6 Copa del Rey.

Mungkin saat ini di mata Ronaldinho, Messi bukanlah yang terbaik sepanjang masa. Tetapi dengan raihan gelar individu dan klub tersebut, bukan suatu kejutan jika di masa depan nanti dirinya akan dipandang sebagai salah satu yang terbaik sepanjang masa.