Liga Indonesia

Anomali, 3 Pemain PSM yang Diyakini Menangisi Kepergian Darije Kalezic

Minggu, 15 Desember 2019 13:46 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Ada sejumlah pemain PSM Makassar yang seharusnya menyayangkan kepergian Darije Kalezic dari Andi Mattalatta.

Darije Kalezic akhirnya memutuskan menghentikan kerja samanya dengan PSM Makassar. Pelatih sepak bola berusia 50 tahun ini pamit setelah laga melawan PSS Sleman di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Minggu (15/12/19) besok.

Darije menyampaikan pengunduran dirinya di hadapan awak media olahraga Makassar saat sesi jumpa pers sebelum melawan PSS di Media Center Stadion Andi Mattalatta, Sabtu (14/12/19) sore.

Selama membesut PSM musim ini, Darije sanggup mempersembahkan trofi Piala Indonesia kepada Pasukan Ramang. Namun begitu, perjalanan Darije bersama PSM juga dipenuhi jalan terjal. 

Musim 2019 jadi yang terburuk selama PSM Makassar mengarungi Liga 1. Setelah dua musim sebelumnya selalu bersaing juara dan finis di tiga besar, musim ini PSM kesulitan untuk tembus lima besar. 

Darije pun dirundung sejumlah masalah seperti perselisihan dengan Ferdinand Sinaga dan Marc Klok, rekor tandang yang sangat buruk, sampai harus lepasnya empat pemain asli Makassar di bulan Januari lalu

Akan tetapi, di balik kekurangan Darije, ada sejumlah pemain PSM Makassar yang patut bersyukur dengan kehadirannya di Andi Mattalatta. Siapa saja itu? Berikut ulasannya. 

1. Hilman Syah

Hilman Syah jadi salah satu pemain PSM paling beruntung dibesut oleh Darije Kalezic. Sebabnya, pemain 22 tahun sering diberi kesempatan bermain. 

Tak cuma sekedar pengganti, Hilman Syah juga kerap turun di laga-laga penting. Musim ini ia tampil sebanyak enam kali di Liga 1. 

Jumlah yang mungkin tak sebanyak musim lalu. Namun tiap diturunkan, penampilannya Hilman Syah hampir selalu maksimal. Ia sering melakukan penyelamatan-penyelamatan yang membantu timnya meraih poin. 

2. Taufik Hidayat

Nama Taufik Hidayat memang tak begitu diperhitungkan di awal musim ini. Penampilannya dinilai tak cukup bagus untuk jadi pemain inti. 

Akan tetapi, di bawah Darije Kalezic, Taufik Hidayat mendapatkan banyak kesempatan bermain. Total, Taufik Hidayat turun di 29 laga di seluruh kompetisi. Rinciannya 19 kali di Liga 1, 6 kali di AFC Cup, 3 kali di Piala Indonesia, dan 1 kali di Piala Presiden.  

3. Rizky Eka Pratama

Rizky Eka Pratama muncul sebagai andalan baru PSM Makassar. Kemampuan penyerang sayap belia milik PSM ini ditemukan dan dikembangkan oleh Darije Kalezic. 

Tampil konsisten pada delapan laga beruntun, Rizky bahkan sampai mencuri perhatian pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri. Pemain 19 tahun itu total bermain sebanyak 20 kali di Liga 1 2019 untuk PSM dengan catatan satu gol dan tiga assist