Liga Indonesia

Adu Statistik Yevhen Bokhashvili dan Ezechiel N'Douassel, Persib Pilih Siapa?

Selasa, 17 Desember 2019 18:30 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Persib Bandung, klub Liga 1 Indonesia, sepertinya harus mempertimbangkan adu statistik antara dua penyerang asing, Yevhen Bokhashvili dan Ezechiel N'Douassel, sebelum memilih bomber utama musim depan. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Persib Bandung, klub Liga 1 Indonesia, sepertinya harus mempertimbangkan adu statistik antara dua penyerang asing, Yevhen Bokhashvili dan Ezechiel N'Douassel, sebelum memilih bomber utama musim depan.

INDOSPORT. COM - Persib Bandung, klub Liga 1 Indonesia, sepertinya harus mempertimbangkan adu statistik antara dua penyerang asing, Yevhen Bokhashvili dan Ezechiel N'Douassel, sebelum memilih bomber utama musim depan.

Gelaran Liga 1 2019 belum tuntas, Persib Bandung sudah mulai dikaitkan dengan isu bursa transfer. Teranyar, Maung Bandung dikabarkan ingin mendatangkan bomber asal Ukraina milik PSS Sleman, Yevhen Bokhashvili.

Kabar Persib Bandung yang mengincar Yevhen Bokhashvili tiba-tiba muncul ke permukaan pada hari Selasa (17/12/19). Akun Twitter @Indostransfer yang biasa membuat konten tentang bursa transfer sepak bola Indonesia, menuliskan kalau Persib Bandung berminat merekrut Yevhen Bokhashvili di bursa transfer jelang Liga 1 2020.

"Persib Bandung dikabarkan tertarik mendatangkan Striker asal Ukraina yang bermain untuk PS Sleman, Yevhen Bokhashvili," bunyi cuitan akun @Indostransfer.

Melihat skuat Persib Bandung saat ini, sudah ada nama Ezechiel N'Douassel yang bertugas menjadi penyerang utama. Andai Ezechiel tetap dipertahankan dan Yevhen jadi merapat, Persib Bandung tentu akan memiliki dua penyerang asing sekaligus.

Sebuah berkah memang, adanya Yevhen dan Ezechiel membuat Persib Bandung memiliki opsi lebih banyak untuk lini serangnya. Namun jika Persib Bandung harus memilih, siapa kira-kira yang akan dijadikan penyerang utama, Yevhen atau Ezechiel?

Produktivitas Gol di Liga 1 2019

Pentas Liga 1 2019, Yevhen Bokhashvili tampil bersama klub promosi, PSS Sleman. Kehadiran Yevhen ternyata berdampak cukup vital untuk klubnya.

Sejauh ini, Yevhen sudah 32 kali merumput membela PSS Sleman dan mencetak 16 gol. Ketajaman Yevhen bila dirata-rata berarti menghasilkan satu gol tiap dua pertandingan. 

Sementara Ezechiel N'Douassel, perannya bagi Persib Bandung di pentas Liga 1 2019 juga tak kalah vital. Ezechiel menjadi pemain tertajam Persib Bandung dengan catatan 11 gol dari 25 laga.

Secara tingkat produktivitas, ketajaman Ezechiel musim ini masih kalah dari Yevhen. Torehan Ezechiel bila dirata-rata membutuhkan 2,7 pertandingan untuk sebuah mencetak gol saja. 


Ketajaman Pada Musim Debut

Yevhen Bokhashvili baru pada musim Liga 1 2019 berkarier di Indonesia. Pada 28 Febuari 2019, Yevhen resmi merapat ke PSS Sleman, setelah hijrah dari klub Belarusia, FK Minsk.

Musim debut Yevhen di sepak bola Indonesia terbilang lumayan. Sejauh ini Yevhen sudah menorehkan total 16 gol dari 32 pertandingan.

Torehan Yevhen ternyata jauh lebih bagus ketimbang catatan Ezechiel N'Douassel, bila yang diukur hanyalah soal musim debut saja. Ezechiel menjalani debut pada musim Liga 1 2017, dan hanya menghasilkan empat gol dari 14 penampilan.


Peran untuk Rekannya

Pemain sepak bola yang berposisi sebagai penyerang, biasanya tak hanya diberi tugas untuk mencetak gol. Seorang bomber terkadang harus bisa pula membuka ruang untuk rekannya dan memberikan assist agar terciptanya gol.

Bila mengukur soal peran di luar mencetak gol, siapa kira-kira yang lebih hebat, Yevhen atau Ezechiel? Mari simak penjabaran datanya.

Yevhen sepanjang Liga 1 2019, mencatatkan dua assists dari 32 penampilan. Sementara Ezechiel, torehannya lebih banyak dengan catatan enam assists dari 25 laga.

Hal itu jelas memperlihatkan kalau Ezechiel punya kualitas lebih apik untuk memberikan ruang kepada rekan-rekannya. Sekarang semua keputusan tinggal di tangan Persib Bandung saja, siapa yang akan menjadi bomber utama musim depan, Yevhen atau Ezechiel?