Bola Internasional

Media Malaysia Soroti Teguran Jokowi ke PSSI soal Kompetisi yang Amburadul

Selasa, 17 Desember 2019 13:05 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Presiden Indonesia, Jokowi, tegur PSSI supaya bisa memperbaiki sistem Liga Indonesia dan bisa mempersiapkan Piala Dunia U-20 2021 dengan baik. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Presiden Indonesia, Jokowi, tegur PSSI supaya bisa memperbaiki sistem Liga Indonesia dan bisa mempersiapkan Piala Dunia U-20 2021 dengan baik.

INDOSPORT.COM - Presiden Indonesia, Jokowi, baru saja bertemu dengan ketua PSSI, Mochamad Iriawan, terkait persiapan tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

Pertemuan Jokowi dengan Mochamad Iriawan alias Iwan Bule berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin (16/12/2019).

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi memberikan teguran kepada PSSI bukan soal Piala Dunia U-20 2021 tetapi soal kompetisi Liga 1.

Jokowi menilai kalau PSSI harus benar dalam mengurus sistem Liga Indonesia karena akan berpengaruh kepada bibit-bibit atlet sepak bola.

“Dari dulu saya sampaikan sistem dan proses kompetisi itu harus diperbaiki besar-besaran,” kata Presiden Jokowi dilansir dari media Malaysia, vocketfc.

“Karena dari situlah akan muncul bibit-bibit yang baik dan pentingnya pembinaan dari sejak usia dini,” ucapnya menambahkan.

Sementara itu soal persiapan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021, Jokowi ingin Indonesia bisa memiliki kesan menarik bagi para negara peserta.

Ia akan bekerjasama dengan pihak terkait dalam memperbaiki transportasi dan fasilitas lainnya.

“Ini betul-betul saya minta segala sesuatu dipersiapkan, mulai dari promosi acara, mulai melihat lagi transportasi, akomodasi, stadion semuanya,” kata Jokowi.

Memang saat ini PSSI memiliki tanggung jawab besar dalam beberapa tahun kedepan karena akan menjadi tuan rumah gelaran sepak bola terbesar dunia dikelompok usia di bawah 20 tahun.

Iwan Bule mengaku akan segera membentuk kerangka Timnas Indonesia U-20 supaya bisa matang dalam mempersiapkan diri sebagai tuan rumah.

Ia juga sudah merencanakan sejumlah agenda uji coba jelang Piala Dunia U-20 2021.

"Kami jelaskan pemainnya U-19 yang sudah ada list nama yang akan main nanti, ditambah dengan Garuda yang sedang berlatih," kata Iwan Bule.

"Itu banyak sekali, ada 12 uji coba dan negara-negara yang mempunyai kategori dengan nilai dari FIFA yang tinggi seperti Iran, Arab, Uzbekistan, dan lainnya," ucapnya menambahkan.