Bola Internasional

Sabah FA, Juara Liga Malaysia yang Diperkuat Pelatih Indonesia Musim Depan

Selasa, 17 Desember 2019 16:52 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© instagram.com/official_sabah_fa/
Sabah FA, Juara Liga Malaysia yang Musim Depan Diperkuat Pelatih Indonesia Copyright: © instagram.com/official_sabah_fa/
Sabah FA, Juara Liga Malaysia yang Musim Depan Diperkuat Pelatih Indonesia

INDOSPORT.COM - Berikut profil singkat klub Sabah FA, sang juara Liga Malaysia yang musim depan bakal diperkuat salah seorang pelatih asal Indonesia. Seperti apa kiprahnya?

Sebelumnya tim asal Sabah, Malaysia tersebut, baru saja meresmikan perekrutan pelatih fisik baru mereka jelang tampil di kasta teratas Liga Malaysia musim depan yang berasal dari Indonesia bernama Sofie Imam pada Kamis (5/12/19) silam.

Sofie Imam sendiri merupakan pelatih fisik Timnas IndonesiaU-19, berkat kepiawaiannya menjaga kondisi fisik punggawa Garuda, ia sukses membawa Timnas U-19 yang dihuni Bagus Kahfi dan kolega lolos ke Piala Asia U-19 2020 mendatang.

Sabah FA Sendiri sebelumnya memang sempat ramai diperbincangkan para pecinta sepak bola Tanah Air. Sebab, tim yang baru saja promosi usai menjuarai Premier League musim lalu tersebut dirumorkan bakal diperkuat beberapa pemain dan pelatih Indonesia.

Dilansir dari Vocket Fc, pelatih yang membawa Sabah FA promosi musim lalu yakni Julius Ating, tidak diperbolehkan berkarier di kasta tertinggi Liga Malaysia akibat belum memiliki lisensi kepelatihan AFC Pro. 

Ketiadaan lisensi itu membuat Jelius Ating turun sebagai asisten pelatih Sabah FA, dan ditugaskan untuk membantu pekerjaan dan adaptasi pelatih baru. Disebutkan pula jika calon pelatih baru Sabah FA nanti adalah mantan striker Timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto.

Mendekatnya Kurniawan Dwi Yulianto ke Sabah FA, memunculkan beberapa nama pemain lokal yang diprediksi akan dibawa Kurniawan jika benar dirinya melatih laskar Tembadau musim depan. Salah satunya adalah Saddil Ramdani.

Untuk mengenal lebih dekat Sabah FA, tim Malaysia yang saat ini telah diperkuat pelatih fisik asal Indonesia dan kemungkinan bakal dilatih oleh legenda sepak bola Tanah Air, berikut INDOSPORT coba merangkum dan mengulas profil singkat tim yang telah terbentuk sejak 1963 tersebut.

Sabah FA adalah klub sepak bola yang berasal dari negara bagian Sabah di Kalimantan. Klub yang mempunyai warna khas Merah ini, berstadion di Likas Stadium yang berkapasitas 35.000 di Kota Kinabalu, Sabah.

Sepanjang keikutsertaannya di Liga Malaysia, Sabah FA telah memenangkan Piala FA Malaysia pada tahun 1995, Liga Super Malaysia (kasta teratas) tahun 1996, serta Liga Premier Malaysia (kasta kedua) tahun 2019 kemarin. 

Sabah FA juga pernah meraih catatan gemilang di ajang Asia, tepatnya pada tahun 1995 saat mereka berhasil melaju ke putaran kedua Piala Winners (sekelas Piala AFC) setelah mengalahkan An Giang dari Vietnam dengan agregat 3-1 di babak pertama, dan kalah dari klub J-League Jepang Bellmare Hiratsuka dengan agregat 1-7.

Beberapa pemain terkenal Malaysia sempat berkarier di Sabah FA, di antaranya adalah Ong Kim Swee (kini pelatih Timnas Malaysia U23 dan Senior), serta David Rocastle (mantan pemain Arsenal, Chelsea, dan Manchester United).

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
50%
IDS Emoticon Marah
Marah
50%