Liga Indonesia

Degradasi, Ini Solusi Jitu Agar Kalteng Putra Cepat Kembali ke Liga 1

Rabu, 18 Desember 2019 16:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Kalteng Putra, Gomes de Oliveira, dalam jumpa pers menjelang laga Liga 1 2019. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Kalteng Putra, Gomes de Oliveira, dalam jumpa pers menjelang laga Liga 1 2019.

INDOSPORT.COM - Salah satu peserta Liga 1 2019, Kalteng Putra, telah dipastikan terdegradasi ke Liga 2 menyusul penampilan buruk sepanjang musim ini. Mereka terbenam di dasar klasemen sementara dengan raihan 31 poin dari 33 pertandingan.

Pelatih Kalteng Putra, Gomes de Oliveira, mengatakan bahwa musim ini kompetisi tidak seketat musim lalu. Hanya saja, tim asuhannya tidak beruntung dan mengalami masalah internal sehingga turut mempengaruhi performa tim.

"Menurut saya, liga tahun ini tak seperti musim lalu. Kali ini lebih cepat diketahui tim juara dan degradasi sebelum akhir musim. Kalau tahun lalu sampai akhir baru ketahuan mana yang juara dan degradasi," kata Gomes, Rabu (18/12/19).

Pada Liga 1 2019, gelar juara telah diketahui sejak pekan ke-30, di mana perolehan poin Bali United tak lagi bisa dikejar para pesaing seperti Borneo FC, Persipura Jayapura, maupun Madura United. 

Sementara itu, tiga tim yang terdegradasi, yakni Kalteng Putra, Semen Padang, dan Perseru Badak Lampung FC, dipastikan turun kasta di pekan ke-32.

Menurut Gomes de Oliveira, degradasinya Kalteng Putra tak lepas dari minimnya dukungan manajemen. Para pemain bahkan beberapa kali mogok latihan karena gajinya belum dibayar.

Oleh sebab itu, pelatih asal Brasil tersebut memberikan saran ke manajemen Kalteng Putra agar lebih memperhatikan klub jika ingin kembali ke Liga 1 kelak. 

"Ke depan, manajemen harus terlibat aktif mendukung klub dan pemain. Sehingga, tim bisa berkonsentrasi penuh di kompetisi," tandas Gomes de Oliveira.