Bola Internasional

Penghancur Kaki Evan Dimas Cetak Sejarah di Liga Belanda

Rabu, 18 Desember 2019 11:07 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Doan Van Hau yang menjadi sorotan atas aksinya di SEA Games 2019 kemarin baru-baru ini mencatatkan rekor sebagai pemain Vietnam pertama yang bermain untuk Heerenveen.

Rekor tersebut tercipta lewat debut manisnya di babak kedua Piala Belanda yang berakhir dengan kemenangan Heerenveen atas Roda JC dengan skor akhir 2-0.

Dilansir dari Zing, debut tersebut tercipta pada menit ke-89 saat papan skor telah menunjukkan angka 2-0. Van Hau masuk ke lapangan untuk menggantikan peran dan posisi bek kiri Heerenveen, Sherel Floranus.

Bintang muda Vietnam yang sangat berhasrat dan bekerja keras demi bermain di tim utama ini memakai seragam dengan nomor punggung 15. Masuknya Van Hau ke dalam lapangan sama sekali tidak mengubah jalannya pertandingan, meskipun dirinya sempat menerima kartu kuning di menit ke-92.

Pertandingan yang berlangsung pada hari Rabu (18/12/2019) ini dari awal memang sudah didominasi oleh Heerenveen yang berlaku sebagai tuan rumah. Bahkan bek mereka, Ibrahim Dresevic mampu beberapa kali mengancam gawang Roda yang dijaga oleh Radomir Novakovic.

Akhirnya, Abe Lenstra Stadion bergemuruh di menit ke-40 setelah gol Mitchell Van Bergen sukses membuat Heerenveen unggul atas tim tamunya tersebut.

Keunggulan 1-0 tidak membuat anak-anak asuh Johny Jansen ini mengendorkan serangan, hasilnya Joey Verman berhasil menambah keunggulan 2-0 bagi Heerenveen.

Hasil 2-0 tersebut berhasil membuat Van Hau dkk ini membawa laju Heerenveen di Piala Belanda berlanjut ke babak perdelapan final. Dan debutnya yang berjalan baik-baik saja diharapkan menjadi pondasi penampilan sosok yang membuat kaki Evan Dimas ini ‘hancur’ di final SEA Games 2019 kemarin.

Setelah ini, Van Hau hanya tinggal menunggu waktu untuk bisa melakoni debut di Eredivisie. Jika hal tersebut telah terwujud, pemain yang digadang-gadang akan menjelma menjadi bintang dari Asia Tenggara ini bisa saja untuk kemudian bermimpi berlaga di Liga Inggris, LaLiga Spanyol, atau Serie A Italia.

Jika hal tersebut terwujud, maka bukan tak mungkin jika sosok yang baru berusia 20 tahun ini bisa menjadi pemain Vietnam pertama yang berlaga di Liga Inggris, LaLiga Spanyol, atau Serie A Italia. Hal yang akan membuat sepakbola Vietnam semakin maju dan meninggalkan rival-rival mereka di Asia Tenggara.

1