Liga Indonesia

3 Rekan Senegera Doan Van Hau yang Bisa Direkrut Persebaya untuk Isi Slot Pemain Asing

Kamis, 19 Desember 2019 17:51 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
© http://soikeo.info
Doan Van Hau dan logo klub Liga 1, Persebaya Surabaya. Copyright: © http://soikeo.info
Doan Van Hau dan logo klub Liga 1, Persebaya Surabaya.

INDOSPORT. COM - Beberapa rekan senegara Doan Van Hau sepertinya bisa direkrut klub Liga 1, Persebaya Surabaya untuk mengisi slot pemain asing Asia.

Persebaya Surabaya belakangan mendapat sebuah kabar bahagia. Saat pentas Liga 1 2019 masih bergulir, bek jangkung Persebaya kelahiran Brasil, Otavio Dutra, berhasil menyelesaikan proses naturalisasi dan resmi menjadi WNI.

Kabar bahagia ini, tentu berdampak terhadap slot pemain asing Persebaya Surabaya. Dutra menjadi WNI, berarti Bajul Ijo hanya memiliki tiga dari empat pemain asing yang diperbolehkan.

Persebaya punya David da Silva (Brasil), Diogo Campos (Brasil), dan Aryn Williams (Australia). Jika ingin melengkapi slot pemain asing yang tersisa, Persebaya jelas membutuhkan nama baru untuk direkrut.

Kalau perlu opsi, sejumlah rekan senegara Doan Van Hau sepertinya bisa menjadi opsi menarik. Doan Van Hau sendiri namanya mencuat setelah membela Vietnam dan mencederai salah seorang pemain Timnas Indonesia U-23, Evan Dimas, di laga final SEA Games 2019.

Bila ditelaah lebih mendalam, Doan Van Hau punya beberapa rekan yang sama-sama berasal dari Vietnam dengan kualitas menjanjikan. Hal itu pun bisa dimanfaatkan Persebaya untuk mendapatkan tambahan pemain asing baru.

Lalu, siapa saja kira-kira rekan senegara Doan Van Hau yang bisa diboyong Persebaya? INDOSPORT coba merangkumnya ke dalam ulasan berikut.

Van Thanh Vu

© https://www.foxsportsasia.com
Van Thanh Vu, rekan senegara Doan Van Hau Copyright: https://www.foxsportsasia.comVan Thanh Vu, rekan senegara Doan Van Hau

Van Thanh Vu merupakan rekan senegara Doan Van Hau yang mungkin bisa menjadi opsi rekrutan pemain asing anyar Persebaya Surabaya. Secara kualitas, Van Thanh Vu terbilang cukup menjanjikan dan dapat menambah kekuatan Bajul Ijo.

Berdasarkan data dari Transfermarkt, Van Thanh Vu adalah seorang pemain yang berposisi sebagai bek kiri. Kualitasnya terbilang menjanjikan, lantaran kerap mendapat panggilan tim nasional Vietnam, dengan catatan lima penampilan dan satu gol.

Kebetulan, Persebaya mungkin juga sedang membutuhkan bek kiri baru. Maklum saja, stok bek kiri Persebaya, Ruben Sanadi dan Novan Sasongko, sudah menginjak usia di atas 30 tahun, dan mungkin perlu diremajakan lagi lewat Van Thanh Hu yang masih berusia 23 tahun.


Ngoc Hai Que

© www.foxsportsasia.com
Ngoc Hai Que, rekan senegara Doan Van Hau Copyright: www.foxsportsasia.comNgoc Hai Que, rekan senegara Doan Van Hau

Ngoc Hai Que merupakan salah satu rekan senegara Doan Van Hau yang memiliki kualitas top. Lihat saja kiprah Ngoc Hai Que di level internasional, yang sudah 26 kali mengemas penampilan bersama tim nasional Vietnam.

Hebatnya lagi, Ngoc Hai Que yang berposisi sebagai bek tengah, seringkali dipercaya untuk mengemban jabatan kapten Vietnam. Jiwa kepemimpinan pasti dimilikinya dalam mengawal lini belakang.

Nama Ngoc Hai Que pun sepertinya cocok untuk diboyong Persebaya. Apalagi Persebaya kini tak memiliki pemain asing lagi sektor lini belakang, dan mungkin tepat untuk diisi Ngoc Hai Que.

Andai Persebaya memang berminat, harga untuk memboyong Ngoc Hai Que tergolong murah. Berdasarkan data Transfermarkt, harga Ngoc Hai Que saat ini ialah 75 ribu euro atau sekitar Rp1,1 miliar.

Duy Manh Do

© http://vietnam.footballchannelasia.com
Duy Manh Do, rekan senegara Doan Van Hau Copyright: http://vietnam.footballchannelasia.comDuy Manh Do, rekan senegara Doan Van Hau

Persebaya Surabaya kini tak memiliki lagi pemain asing di lini belakang. Otavio Dutra yang selama ini jadi bek asing andalan Bajul Ijo, sudah menyelesaikan proses naturalisasi dan mendapat status WNI.

Demi mengisi peran yang ditinggalkan Dutra, Persebaya sepertinya bisa melirik rekan senegara Doan Van Hau, yakni Duy Manh Do. Sekadar informasi, Duy Manh Do merupakan bek tengah yang kerap diandalkan timnas Vietnam.

Berdasarkan data Transfermarkt, Duy Manh Do total telah 11 kali mengemas penampilan bersama negaranya. Bila Persebaya berminat, harga untuk membajak Duy Manh Do sekitar  75 ribu euro atau hanya sekitar Rp 1,1 miliar.