Bola Internasional

Apa kabar Junichi Inamoto, Pemain Asia Pertama di Liga Inggris Berlabel David Beckham

Kamis, 19 Desember 2019 22:04 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Junichi Inamoto adalah pemain Asia pertama di Liga Inggris saat bergabung ke Arsenal dan sempat dilabeli David Beckham dari Jepang, apa kabar dirinya sekarang?

Jauh sebelum kedatangan Takumi Minamino sebagai pemain Asia Pertama di Liverpool, Junichi Inamoto pernah menarik perhatian dengan hijrah ke Liga Inggris bergabung bersama Arsenal.

Datang pada musim 2001-02 sebagai pemain Arsenal, Junichi Inamoto berstatus sebagai pemain pinjaman dari klub Jepang Gamba Osaka.

Dalam usia 21 tahun saat itu, Junichi Inamoto begitu menarik perhatian sebab dirinya merupakan pemain asal Asia pertama yang bisa merumput di Liga Inggris.

Status tersebut sampai membuat Junichi Inamoto mengalami popularitas luar biasa di Jepang, bahkan dirinya sempat dilabeli jurnalis Negeri Matahari terbit itu sebagai David Beckham-nya Jepang.

Apa Kabar Junichi Inamoto?

Perhatian luar biasa seantero Jepang, sayangnya tak berbanding lurus dengan karier Junichi Inamoto di Arsenal. Dirinya tak sekalipun sempat merasakan bermain di kompetisi resmi sebelum akhirnya dikembalikan ke Gamba Osaka.

Beruntung klub Liga Inggris lainnya, Fulham datang menyelamatkan kariernya hingga beberapa musim. Setelahnya Junichi Inamoto sempat hijrah ke West Bromwich, Cadridff City, sebelum akhirnya hijrah ke sejumlah negara lain di Eropa.

Tak bisa dibilang sukses di Eropa, Junichi Inamoto kembali ke Jepang pada musim 2010/11, bergabung dengan Kawasaki Frontale di kasta tertinggi Liga Jepang dan menyusul ke Consadole Sapporro yang bermain di kasta kedua pada musim 2015/16.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh 稲本潤一 (@junichi_inamoto17) pada

Bertahan hingga tahun 2018 di Consodale Sapporo, Junichi Inamoto yang tak lagi muda tak mau segera angkat kaki dari lapangan hijau. Pada usai 40 tahun saat ini di tahun 2019, dirinya masih aktif bermain, memperkuat klub kasta ketiga Liga Jepang SC Sagamihara.

Bersama SC Sagamihara di kasta ketiga Liga Jepang, Junichi Inamoto mampu mencatatkan total sembilan kali penampilan. Dengan torehan satu gol dan satu asist sepanjang musim ini.