Liga Indonesia

Asisten Simon McMenemy Beberkan Cara Agar Timnas Indonesia Bisa Berprestasi

Kamis, 19 Desember 2019 03:37 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Abdurrahman Ranala
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Joko Susilo setelah lulus dalam lisensi kepelatihan AFC Pro. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Joko Susilo setelah lulus dalam lisensi kepelatihan AFC Pro.

INDOSPORT.COM - Asisten Pelatih Timnas Indonesia, Joko Susilo menyebut perbaikan sistem sepak bola wajib menjadi prioritas untuk mencapai prestasi yang diinginkan publik terhadap tim kebanggaannya.

Beragam pertanyaan perihal bagaimana menuju sepak bola prestasi memang begitu deras meluncur dari publik. Terutama terkait prestasi Tim Nasional, yang terasa sulit untuk mencapai juara di level senior pasca berjaya di kancah junior.

"Kalau prestasi di Tim Nasional, tentu dikembalikan kepada klub sebenarnya. Level Timnas senior ya ke klub senior yang berkompetisi secara profesional, begitu Timnas junior kembali lagi ke sistem kompetisi junior," bilang Joko Susilo yang merupakan asisten dari Simon McMenemy di Timnas Indonesia.

"Bagaimana supporting level kebugaran fisiknya, pola latihan hingga sistem permainan di klub, sangat berpengaruh ketika masuk Tim Nasional," sambung dia dalam acara Bincang Bola yang digagas AJI Malang, Rabu (18/12/19) malam.

Persoalan sistem ini lah yang menurutnya perlu segera dibenahi lagi. Mengingat Tim Nasional adalah muara dari segala pembinaan sepak bola melalui berbagai level kompetisi di tanah air.

"Jangan lupa juga, mental pemain muda dan senior itu juga berbeda. Maka tidak heran jika tim usia muda lebih banyak prestasinya, karena mentalnya murni untuk menang. Tapi yang senior?," pemegang lisensi AFC Pro itu menandaskan.

Prestasi sepak bola Indonesia memang memasuki fenomena yang unik dalam 10 tahun terakhir ini. Beberapa prestasi mampu diberikan Timnas level usia muda baik di Piala AFF maupun Piala AFC, namun justru menurun ketika mereka berlaga di Timnas Senior.